Formula 1

Formula E Jadi Biang Kerok Banjir Jakarta? Ini Tanggapan Anies Baswedan

Sabtu, 4 Januari 2020 10:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membantah asumsi warganet tentang ajang Formula E yang akan digelar di ibu kota pada Juni 2020 nanti secara tidak langsung jadi biang kerok banjir Jakarta.

Sebelumnya, para netizen menyerang akun @FIAFormulaE di Twitter hingga mejadi trending topic dengan tagar ShameOnyouFormulaEJakarta. Masalahnya, anggaran antisipasi banjir kabarnya 'dikorbankan' demi kejuaraan Formula E.

Namun Anies membantah asumsi yang mengatakan anggaran Formula E itu juga berasal dari pemotongan dana penanggulangan banjir Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya.

“Itu bukan hanya tidak benar, tapi mengarang. Jadi saya gak mau komentarin yah,” kata Anies Baswedan, dilansir dari laman Antara.

Anies menegaskan tidak ada pemotongan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta terhadap dana penangggulanan banjir. Ia berharap agar masyarakat menggunakan data yang objektif ketika membicarakan masalah anggaran dan kebijakan.

“Pada fase ini saya berharap pada semua pihak yang membicarakan anggaran, kebijakan, gunakan informasi yang objektif. Termasuk kita-kita yang menulis sehingga tidak menimbulkan perdebatan yang tidak perlu,” tambahnya.

Anies juga mengatakan, saat ini yang terpenting adalah dukungan masyarakat kepada para pengungsi karena masih banyak warga yang belum kembali ke kediaman masing-masing dan masih memerlukan bantuan.

Tak hanya itu, Anies Baswedan menambahkan, jika bencana banjir Jakarta telah usai dan para pengungsi telah mendapatkan bantuan serta pulih kembali, ia akan kembali mendiskusikan sejumlah kebijakan.