Formula 1

Banjir Parah di Jakarta, Muncul Petisi Kejuaraan Formula E Dibatalkan

Minggu, 5 Januari 2020 08:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E. Di tengah bencana banjir parah yang melanda Jakarta dan sekitarnya, seorang warga mengunggah petisi yang menuntut pembatalan ajang balapan Formula E Copyright: © fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E. Di tengah bencana banjir parah yang melanda Jakarta dan sekitarnya, seorang warga mengunggah petisi yang menuntut pembatalan ajang balapan Formula E

INDOSPORT.COM – Di tengah bencana banjir parah yang melanda Jakarta dan sekitarnya, seorang warga mengunggah petisi yang menuntut pembatalan ajang balapan Formula E yang sedianya dijadwalkan digelar di Ibu Kota pada Juni mendatang.

Petisi yang dimulai oleh Irawan Endro Prasetyo itu diunggah ke laman change.org dan ditujukan khususnya kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA), Ketua DPRD DKI Jakarta H. Prasetio E. Marsudi dan Anies Baswedan selaku sang Gubernur.

Hingga Minggu (05/01/20) pukul 08:10 WIB, sedikitnya 4.352 orang telah menandatangani petisi yang menargetkan 5.000 dukungan tersebut.

“Jakarta saat ini menderita banjir besar yang menghancurkan sebagian besar wilayah kota. Ini adalah salah satu banjir terbesar dan terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah Jakarta, mengakibatkan kerusakan bangunan, infrastruktur dan menelan korban jiwa,” tulis Irawan dalam petisi tersebut.

“Kami, warga Jakarta, dengan ini meminta Anda untuk membatalkan penyelenggaraan acara Formula E-FIA ABB 2020 di Jakarta. Kami membutuhkan semua sumber daya yang tersedia untuk membantu orang-orang dan membangun kembali kota kami, bukan untuk menyia-nyiakannya pada satu acara yang mengolok-olok penderitaan warga”

“Mohon pertimbangkan untuk memindahkan acara ini ke kota lain yang lebih siap untuk mengadakannya. Terima kasih,” tutup pernyataan petisi tersebut.

Melansir dari laman Antara, sebelumnya Anies telah membantah asumsi yang mengatakan bahwa anggaran Formula E berasal dari pemotongan dana penanggulangan banjir yang ada di Jakarta.

Rencana anggaran untuk menggelar Formula E di Ibu Kota mencapai Rp1,6 triliun. Sedangkan tahun 2020 alokasi APBD untuk penanggulan banjir di DKI Jakarta dilaporkan berkisar 1,1 persen dari total APBD DKI Jakarta 2020 senilai Rp87,9 triliun.

“Itu bukan hanya tidak benar, tapi mengarang. Jadi saya enggak mau komentarin yah,” tutur Anies Baswedan.

Sekadar informasi, Indonesia resmi masuk ke kalender Formula E musim 2020 yang telah dimulai pada November 2019 lalu dan akan berakhir pada Juli mendatang bersama dengan 10 negara lainnya yakni Arab Saudi, Chile, Meksiko, China, Italia, Prancis, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat dan Inggris.