MotoGP

Segini Kerugian Tim MotoGP Saat Rider Jatuh dan 'Hancurkan' Motor

Selasa, 7 Januari 2020 18:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© fotopress/Getty Images
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Tim MotoGP ternyata harus merogoh kocek cukup dalam saat para pembalapnya terjatuh dan ‘hancurkan’ motor saat beraksi di atas lintasan balap. Copyright: © fotopress/Getty Images
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Tim MotoGP ternyata harus merogoh kocek cukup dalam saat para pembalapnya terjatuh dan ‘hancurkan’ motor saat beraksi di atas lintasan balap.

INDOSPORT.COM – Tim MotoGP ternyata harus merogoh kocek cukup dalam saat para pembalapnya terjatuh dan ‘hancurkan’ motor saat beraksi di atas lintasan balap.

Melansir dari laman GP One, rincian biaya yang tak terbilang kecil itu diungkapkan oleh Lucio Cecchenillo selaku tim LCR Honda dan Christophe Bourguignon sebagai teknisi tim tersebut.

Cecchenillo mengungkapkan bahwa ia memiliki dana khusus untuk pembalap utamanya yakni Cal Crutchlow yang sering terjatuh saat membalap.

"Pembalap jatuh, kadang itu terjadi. Bila dia tak mengakibatkan banyak bencana, kami biasanya menyiapkan 600 ribu dolar AS (Rp8,3 miliar) hingga 1 juta dolar AS (Rp13,8 miliar) per tahun khusus untuknya," ujar Lucio Cecchenillo.

Bourguignon juga menambahkan, bahwa tim harus mengeluarkan dana senilai 15 ribu euro (Rp233 juta) hingga 100 ribu euro (Rp1,5 miliar) saat sekali jatuh.

“Jika pembalap terjatuh maka kami harus mengeluarkan biaya fantastis, 15 ribu – 100 euro. Tak ada kecelakaan MotoGP yang hanya bernilai 2.000 euro,” ujar Christophe Bourguignon.

Ia turut mengataka bahwa kecelakaan kecil yang terus dilakukan oleh para pembalap bisa menimbulkan masalah pada tim, lantaran beberapa komponen yang digunakan terkadang memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya kembali.

"Contohnya kami hanya punya stok lima tangki besin, hal sama sejumlah komponen lainnya, yang harus digunakan alam latihan dan lomba. Jika terus terjadi kecelakaan dan kehabisan stok komponen, kami harus menunggu 5 hingga 6 minggu untuk penggantinya,” tukasnya.

Di sisi lain, meski Cal Crutchlow kerap terjatuh dan menyebabkan banyak kerugian, namun LCR Honda tetap memakmluminya lantaran ia mampu tampil cukup apik di setiap balapannya.

LCR sendiri menyewa kuda besi Cal Crutchlow dari pabrikan Honda dengan biaya sewa yang harus dikeluarkan yakni sebesar 2,2 juta euro (Rp34,2 miliar) per tahun, biaya tersebut belum termasuk dengan teknisi yang membantu para pembalap disetiap seri balapan MotoGP.

1