Formula 1

Ingin Dobrak Stigma, Inilah Ambisi Mulia Jamie Chadwick di Ajang F1

Senin, 20 Januari 2020 16:19 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© The Times
Pembalap wanita Formula Seri W, Jamie Chadwick, berharap bisa berpartisipasi di ajang Formula 1 (F1) bersama para pembalap pria. Copyright: © The Times
Pembalap wanita Formula Seri W, Jamie Chadwick, berharap bisa berpartisipasi di ajang Formula 1 (F1) bersama para pembalap pria.

INDOSPORT.COM – Pembalap wanita Formula Seri W, Jamie Chadwick, mengaku ingin mendobrak stigma dengan mengincar peluang untuk balapan di ajang Formula 1 (F1).

Chadwick memiliki ambisi untuk menjadi wanita pertama yang bisa membuktikan bahwa seorang pembalap wanita bisa bersaing di kejuaraan F1 sejak tahun 70-an.

Chadwick merupakan juara Formula Seri W, yakni kejuaraan balap mobil yang diselenggarakan FIA khusus untuk para pembalap wanita demi mendukung kampanye kesetaraan gender. Ia baru saja bergabung dengan tim Williams di divisi pengembangan jet darat bersama Daniel Ticktum.

Ia mengungkapkan bahwa bergabung dengan Williams merupakan langkah lanjutan untuk mewujudkan mimpinya membalap di ajang F1 bersama para pembalap pria lainnya.

“Saya terkadang masih tak percaya bisa bergabung dengan Williams, dan ini merupakan langkah yang bagus untuk mewujudkan mimpi saya untuk membalap di kasta tertinggi,” ujar Jamie Chadwick, dilansir dari laman The Guardian.

“Saya ingin berada di sana karena pantas untuk bersaing di kejuaraan tersebut, bukan hanya karena saya merupakan seorang wanita, dan semoga dukungan dan kesempatan yang saya terima bisa mengantarkan saya untuk mewujudkan mimpi dan ambisi saya,” tambahnya.

Sekadar informasi, Formula Seri W digelar dengan bertujuan untuk membekali pembalap wanita lebih baik untuk bisa setara dengan pria di lintasan balap.

Sementara itu, wanita terakhir yang ikut balapan di ajang F1 adalah mendiang Lella Lombardi dari Italia pada tahun 1976, dan Jamie Chadwick memiliki ambisi ingin mengulang sejarah tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%