Formula 1

Dukung Kesetaraan Gender, Hamilton Berharap Ada Pembalap Wanita Tembus F1

Kamis, 26 Desember 2019 14:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Clive Mason/Getty Images
Lewis Hamilton berharap ada pembalap wanita yang bisa menembus kejuaraan Formula 1, sebagai upayanya mendukung kesetaraan gender. Copyright: © Clive Mason/Getty Images
Lewis Hamilton berharap ada pembalap wanita yang bisa menembus kejuaraan Formula 1, sebagai upayanya mendukung kesetaraan gender.

INDOSPORT.COMLewis Hamilton berharap ada pembalap wanita yang bisa menembus kejuaraan Formula 1, sebagai upayanya mendukung kesetaraan gender.

Pembalap tim Mercedes tersebut juga mengatakan bahwa dirinya ingin kejuaraan balap mobil tersebut menjadi lebih beragam dengan kehadiran para pembalap muda dan wanita.

Tak hanya itu, dirinya juga menyayangkan para pembalap tersebut kerap kesulitan untuk menembus kejuaraan Formula 1 lantaran sejumlah faktor termasuk dukungan finansial.

“Saya ingin Formula 1 menjadi lebih beragam dengan kehadiran para anak muda, dan saya ingin akses untuk mengikuti balapan lebih mudah diakses,” ujar Lewis Hamilton, dilansir dari laman Race Fans.

“Saya juga berharap para pembalap wanita juga bisa berpartisipasi dalam kejuaraan balap mobil ini. Bukankah hal tersebut nantinya akan menjadi sesuatu hal yang istimewa?” tambahnya.

Sebenarnya pada tahun 2019 ini sudah ada pembalap wanita yang berpartisipasi di Formula 1. Sosok tersebut ialah Tatiana Calderon yang resmi menjadi pembalap uji coba untuk tim Alfa Romeo dan kemudian untuk BWT Arden di Kejuaraan FIA Formula 2. 

Tak hanya itu, Formula Seri W yakni kejuaraan balap mobil yang diselenggarakan oleh FIA khusus untuk para pembalap wanita untuk mendukung kesetaraan gender juga telah digelar dengan nama Jamie Chadwick menjadi unggulan dalam kompetisi tersebut.