Formula 1

Peduli Lingkungan, F1 dan FIA Ikut Program PBB Tentang Perubahan Iklim

Kamis, 23 Januari 2020 14:34 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Pihak Formula 1 dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan untuk mengikuti program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait kampanye peduli lingkungan Copyright: © INDOSPORT
Pihak Formula 1 dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan untuk mengikuti program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait kampanye peduli lingkungan

INDOSPORT.COM – Pihak Formula 1 dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan untuk mengikuti program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait kampanye peduli lingkungan.

Keputusan tersebut membuat F1 dan FIA akan menggelar kejuaraan motorsport dengan jejak nol karbon pada musim 2030 yang termasuk dalam acara Sport For Climate Action Framework di mana kejuaraan tersebut harus memenuhi lima kriteria.

Melansir dari laman resmi Formula 1, riteria tersebut di antaranya adalah meningkatkan tanggung jawab terhadap lingkungan, mengurangi dampak terhadap iklim, melakukan edukasi, dan beberapa poin-poin penting lainnya.

Kerjasama ini juga dikonfirmasi langsung oleh CEO Formula 1, Chase Carey di mana kejuaraan balap mobil bergengsi tersebut mengakui adanya peran penting untuk mencegah perubahan iklim.

“Untuk pertama kalinya pada musim lalu kami meluncurkan strategi berkelanjutan untuk mengakui pentingnya peran yang harus kami lakukan untuk mencegah perubahan iklim. Aksi yang akan kami lakukan di masa depan akan mengurangi dampak negatif pada musim 2030,” ujar Chase Carey.

FIA, selaku induk olahraga otomotif dunia yang terdiri dari 244 anggota di 140 negara juga menyatakan komitmennya untuk turut membantu menjaga lingkungan.

Jean Todt selaku presiden FIA mengatakan bahwa seluruh komunitas motorsport ikut andil dengan menginvestasikan waktu, energi, dan sumber finansial untuk inovasi yang memperhatikan lingkungan.