Bangun Sirkuit Balap, Ini Harapan Mulia Bupati Gorontalo

Sabtu, 25 Januari 2020 20:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Reddit
Ilustrasi sirkuit balap. Copyright: © Reddit
Ilustrasi sirkuit balap.

INDOSPORT.COM – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memiliki harapan mulia usai berinisiatif membangun sirkuit balap di Bongohulawa, Kabupaten Gorontalo.

Nelson mengatakan bahwa pembangunan sirkuit balap di Bongohulawa untuk mengakomodir minat otomotif dari masyarakat serta sebagai sarana menyalurkan bakat dan mencari bakat baru pembalap dari daerahnya.

"Sirkuit ini memiliki panjang 1.100 meter dan kami bangun pada tahun lalu dan di Gorontalo banyak penggemar otomotif baik motor dan mobil," kata Nelson Pomalingo, dilansir dari laman Antara.

Ia menjelaskan jika tempat itu berlokasi sekitar 1 kilometer dari pusat kota Limboto dan memiliki luas 90 hektare yang di dalamnya ada area perkemahan dan hutan kota serta kampung kelapa.

Sementara itu, salah seorang pembalap Endy Lumowa mengaku senang dan bangga dengan dibangunnya sirkuit balap di daerah itu.

"Baru kali ini ada sirkuit permanen di Gorontalo, jadi warga Gorontalo bisa berlatih dan membawa nama daerah hingga ke tingkat nasional," ucapnya.

Ia mengatakan selama ini pembalap lokal hanya berlatih di Sport Center Limboto yang merupakan tempat jogging, yang jelas kawasan tersebut menjadi tak kondusif.

Usaha pemerintah Gorontalo untuk membangun sebuah sirkuit juga lantaran mereka ingin mencegah masyarakat atau para pembalap melakukan balapan di jalan raya karena berisiko tinggi mengalami kecelakaan.