MotoGP

Kisah Sukses IMI Sulsel, Orbitkan 3 Pembalap Muda ke Kancah Internasional

Rabu, 5 Februari 2020 11:55 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram
Pembalap muda Indonesia asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang, bakal mengaspal di ajang Moto2 2020. Copyright: © Instagram
Pembalap muda Indonesia asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang, bakal mengaspal di ajang Moto2 2020.

INDOSPORT.COM - Ikatan Motor Indonesia Provinsi (IMI) Sulawesi Selatan sukses mengorbitkan tiga pembalap muda hingga ke kejuaraan internasional pada tahun lalu, salah satu di antaranya bahkan bakal mengaspal lagi di ajang Moto2 2020.

Dua dari tiga pembalap binaan IMI Sulsel tersebut berhasil mengharumkan nama Indonesia di level Asia, antara lain Andi Muhammad Fadly dan Awhin Sanjaya yang berhasil menjadi juara dan runner-up ajang Asia Road Racing Championship 2019 kelas Asia Production 250.

"Paling berprestasi tentunya di ajang balap motor, dua atlet asli Sulsel berhasil menjadi juara dan runner up Asia 250cc atas nama Andi Muhammad Fadli dan Awhin Sanjaya," ucap Ketua Umum IMI Sulsel, Subhan Aksa, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (3/2/20).

Selain itu, IMI Sulsel juga mengorbitkan satu talenta muda lain bernama Andi Farid Izdihar atau yang lebih akrab dikenal Andi Gilang. Pembalap asal Kabupaten Bulukumba tersebut bakal mengaspal di Moto2 2020 membawa bendera pabrikan raksasa asal Jepang, Honda.

"Dia itu pembalap pabrikan Honda, jadi dia dibawa oleh Honda Astra yang tahun ini bernaung di bawah Honda Motor Asia. Andi Gilang menjadi salah satu hasil didikan IMI Sulsel yang berperan sebagai fasilitator untuk peraturan dan kegiatan," imbuh Subhan Aksa.

Pria yang juga dikenal sebagai pe-rally kelas wahid Indonesia ini lantas menyampaikan harapannya kepada Andi Gilang. Subhan ingin pemuda berusia 22 tahun ini mempersiapkan keikutsertaannya di ajang Moto2 nanti supaya bisa beradaptasi secara cepat dengan motor barunya.

"Pasti dia ada proses adaptasi yang cukup banyak karena spek motornya beda dibandingkan yang pernah digunakan di Spanyol. Semoga dia dapat beradaptasi lebih cepat karena di Moto2 itu banyak pembalap terbaik di dunia," pinta Subhan.

Andi Gilang yang bakal menggunakan nomor start 27 pada gelaran Moto2 2020 nanti bakal bersaing dengan pembalap kelas dunia. Sebut saja Thomas Luthi dan Simone Corsi yang sarat pengalaman, lalu ada juga pebalap muda seperti Lorenzo Baldassarri, Jorge Navarro, dan Augusto Fernandez.

Ada pun Andi Gilang mengikuti jejak Doni Tata Pradita yang membalap untuk Yamaha di kelas 250cc (kini Moto2) edisi 2008. Juga ada Rafid Topan Sucipto (QMMF Racing Team) di ajang Moto2 periode 2012-2013.

Terakhir ialah Dimas Ekky Pratama yang membela tim Idemitsu Honda Team Asia pada Moto2 2019. Uniknya, Andi Gilang justru menggantikan perannya di tim tersebut dalam balapan Moto2 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%