Formula 1

Sandiaga Uno Berharap Ada Berkah di Balik Gelaran Formula E

Senin, 24 Februari 2020 11:06 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Liputan6
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berharap ada berkah di balik penyelenggaraan Formula E. Copyright: © Liputan6
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berharap ada berkah di balik penyelenggaraan Formula E.

INDOSPORT.COM – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, berharap akan ada berkah di balik gelaran kejuaraan balap mobil Formula E yang rencananya dihelat di Kawasan Monumen Nasional (Monas).

Harapan tersebut ialah kejuaraan balap mobil bertenaga listrik itu mampu menggerakkan roda perekonomian di DKI Jakarta.

Lebih lanjut, politisi Gerindra tersebut mengatakan, penyelenggaraan Formula E hendaknya melibatkan masyarakat dan dunia usaha lantaran diyakini bisa membuka peluang bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Saya harapkan juga menggerakkan ekonomi dan pada akhirnya membuka lapangan kerja. Dan saya juga menginginkan keterlibatan masyarakat dan keterlibatan dunia usaha sehingga ini akan juga memberikan peluang kepada UMKM karena dengan datangnya perhelatan ini,” ujar Sandiaga Uno.

Menurut Sandi, dampak ekonomi yang ditimbulkan dari Formula E cukup besar hingga mencapai triliunan, sebagaimana dilansir dari laman Antara.

"Dampak ekonominya saya mendengar antara satu setengah sampai dua setengah triliun rupiah," tambahnya.

Sebelumnya, para pedagang di Lenggang Jakarta Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, juga mengharapkan kenaikan pendapatan dan keuntungan saat balap listrik Formula E digelar pada Juni 2020 di kawasan itu.

Saat ini Komite Penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E tengah melakukan uji coba pelapisan aspal di Monumen Nasional (Monas).

Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana, mengatakan bahwa uji coba pelapisan aspal seluas 60 meter persegi di atas cobblestone bagian tenggara Silang Monas merupakan standar yang diterapkan oleh FIA Formula E.

Uji coba pelapisan aspal itu bertujuan mengecek kemudahan pengelupasan aspal di atas lapisan cobblestone setelah didiamkan selama empat hari. Demikian pula pada pengelupasan, para ahli telah siap dimintakan pendapatnya untuk putusan akhir metode terbaik yang dipilih.

Dua material diuji dalam pengaspalan itu. Material sand sheet dan geotextile yang dikerjakan di atas lahan dengan panjang 15 meter dan lebar empat meter dan pihak Jakpro selaku OC Formula E hanya menggunakan aspal kasar, belum menggunakan aspal halus.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%