MotoGP

Pemerintah Minta Sarana dan Infrastruktur MotoGP Mandalika Tuntas Tepat Waktu

Minggu, 8 Maret 2020 16:24 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter/MotoGP
Pemerintah meminta sarana dan infrastruktur pendukung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tuntas sebelum MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Pemerintah meminta sarana dan infrastruktur pendukung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tuntas sebelum MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Pemerintah meminta sarana dan infrastruktur pendukung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tuntas sebelum perhelatan MotoGP 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, saat melakukan kunjungan kerja dan meninjau KEK Mandalika pada Jumat (06/03/20) lalu.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melakukan inspeksi dan memastikan seluruh infrastruktur pendukung KEK Mandalika dalam menyambut perhelatan MotoGP 2021.

"Semua infrastruktur pendukung kawasan Mandalika seperti bandara, jaringan telekomunikasi, listrik, rumah sakit, jalan, pelabuhan, dan sistem pengolahan sampah di Mandalika, semuanya harus tuntas sebelum MotoGP 2021 dihelat," kata Luhut, dilansir dari Antara.

Selain itu, Luhut juga meminta seluruh kendala-kendala dalam pengerjaan proyek segera dilaporkan, segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk dicarikan solusi. Dengan demikian, semua peroyek dapat berjalan baik dan berkualitas standar internasional.

Khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP, Luhut meminta PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola KEK Mandalika untuk melibatkan pengawas internasional, agar proyek betul-betul berstandar internasional.

Menko Luhut juga mengingatkan ITDC untuk menyediakan fasilitas pengolahan sampah yang memadai di Mandalika. Selain fasilitas tersebut, ITDC juga diminta membuat bank sampah sebagai tempat penampungan yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

"Jangan sampai nanti sudah jadi, tidak sesuai standar yang mereka inginkan, lalu bongkar lagi, itu susah, karena butuh cost lagi. Kita semua harus memastikan kawasan Mandalika ini betul-bentul bersih, jangan sampai kita sukses menyelenggara MotoGP tapi kawasannya kotor," tambahnya.

Ia meminta seluruh pihak terkait untuk lebih intens melakukan inspeksi terkait sejauh mana perkembangan pengerjaan proyek yang ada. Yang paling penting adalah sarana komunikasi, ia meminta fasilitas komunikasi harus sudah modern, bahkan harus jaringan 5G.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, mengaku optimistis seluruh infrastruktur untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021 tuntas sebelum Oktober 2021.