MotoGP

Bukan Marc Marquez, Siapa Lawan Berat Valentino Rossi di MotoGP?

Rabu, 8 April 2020 11:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengungkap lawan terberatnya di MotoGP. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengungkap lawan terberatnya di MotoGP.

INDOSPORT.COM – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengungkap lawan terberatnya selama membalap dan berkarier di ajang MotoGP.

Diketahui beberapa musim terakhir Rossi sempat bersaing dengan Marc Marquez (Repsol Honda) yang merupakan sang juara bertahan MotoGP. Namun nyatanya, Marquez bukanlah menjadi lawan sengit dalam hidup The Doctor.

Melansir dari laman Corsedimoto, Rossi mengungkapkan bahwa sosok Casey Stoner-lah yang menjadi lawan terkuat yang pernah ia hadapi di sepanjang kariernya.

Rossi yang menyebut rivalitas sebagai ‘bahan bakar’ selama membalap dan tak akur dengan para pesaing beratnya mengatakan, tensi tinggi rivalitasnya dengan Stoner terjadi di MotoGP Amerika Serikat yang berlangsung di Laguna Seca pada 2008 silam.

Saat itu Casey Stoner menjadi unggulan lantaran dikenal menguasai trek tersebut, namun hal ini tak membuat rasa percaya diri Rossi ciut. Malahan, ia berambisi mengalahkan Stonoer meski kesulitan menyalip dari sisi dalam tikungan dan nyaris terjatuh akibat membalap di atas gravel. 

"Rivalitas seperti 'bahan bakar' untuk meningkatkan level persaingan dan saya menganggapnya secara pribadi karena bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan performa,” ujar Valentino Rossi.

“Salah satu balapan yang tak terlupakan bagi saya ialah saat melawan Stoner (Ducati) di Laguna Seca 2008, karena ia sangat kuat dan cepat. Akan tetapi, saya menikmati momen tersebut, dan pertarungan dengannya akan selalu terasa hebat,

“Casey Stoner adalah salah satu pembalap terbaik di MotoGP. Dia begitu cepat dan saya rasa dia menjadi lawan terberat dan terkuat sepanjang karier saya,” pungkasnya.

Memang, Rossi dan Stoner memiliki rivalitas yang sangat kuat sejak dulu. Namun semuanya berakhir setelah pembalap asal Australia itu memutuskan pensiun dini pada usianya yang baru menginjak 27 tahun pada 2012 silam.

Selain Casey Stoner, Valentino Rossi juga memiliki rivalitas berat dan tensi tinggi dengan enam pembalap lainnya yakni Loris Capirossi, Max Biaggi, Sete Gibernau, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez.