Formula 1

Lantang Perangi Rasisme, Lewis Hamilton Didukung Penuh Petinggi F1

Rabu, 10 Juni 2020 10:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Mark Thompson/GettyImages
Aksi Lewis Hamilton (Mercedes) yang lantang dalam memerangi isu rasisme telah mendapatkan dukungan dari Direktur Olahraga Formula 1 (F1), Ross Brawn. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Aksi Lewis Hamilton (Mercedes) yang lantang dalam memerangi isu rasisme telah mendapatkan dukungan dari Direktur Olahraga Formula 1 (F1), Ross Brawn.

INDOSPORT.COM - Aksi pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, yang lantang memerangi rasisme telah mendapatkan dukungan dari Direktur Olahraga Formula 1 (F1), Ross Brawn.

Hamilton memang menjadi salah satu olahragawan yang begitu aktif dalam kampanye anti rasisme. Terbaru ialah lantang memprotes kasus pembunuhan dan rasisme George Floyd oleh oknum kepolisian Amerika Serikat.

Sikap mulia Hamilton lantas mendapatkan dukungan dari Mercedes, para pembalap F1, dan kini Ross Brawn. Petinggi kejuaraan jet darat tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung aksi pembalap asal Inggris dalam memerangi rasisme.

“Saya pikir Lewis Hamilton adalah duta besar bagi olahraga ini, dan komentarnya valid sehingga kami akan memberikan dukungan sepenuhnya. Kejadian yang menimpa George Floyd sudah sering terjadi dan Anda telah melihat reaksi publik kepadanya,” ujar Ross Brawn seperti dilansir laman Sky Sports F1.

“Kami selaku perwakilan F1 mengaku bahwa kami perlu meningkatkan keberagaman kami. Programnya sudah dimulai beberapa tahun lalu, di mana kami memberi kesempatan bagi kaum minoritas untuk terjun di ajang motorsport,” tambah dia.

Ross Brawn juga mengaku pihaknya sudah terlibat di sekolah-sekolah untuk memperkenalkan ajang motorsport. Sekitar 40 persen siswa yang berpartisipasi adalan perempuan.

Sementara itu, Hamilton sendiri juga sebelumnya mendapatkan dukungan untuk memerangi rasisme dari Toto Wolff selaku bos tim Mercedes, lantaran pembalap andalannya telah memberikan banyak hal tentang ketidakadilan ras.

Toto Wolff turut mengatakan bahwa aksi Lewis Hamilton sangat tepat, apalagi ia olahragawan selaku bintang dalam kejuaraan yang didominasi oleh kulit putih. Dengan kekuatan yang dimiliki, ia bisa membuat perubahan terkait isu ini.