Formula 1

Formula E Nekat Gelar Enam Balapan dalam Sembilan Hari

Kamis, 18 Juni 2020 14:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© fiaformulae.com
Kejuaraan balap mobil listrik Formula E akan menggelar enam seri hanya dalam waktu sembilan hari di Jerman. Copyright: © fiaformulae.com
Kejuaraan balap mobil listrik Formula E akan menggelar enam seri hanya dalam waktu sembilan hari di Jerman.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan Formula E nekat akan menggelar enam seri balapan hanya dalam waktu sembilan hari, menyusul ajang yang sempat tertunda karena pandemi virus corona.

Diketahui, enam seri balapan tersebut akan berlangsung di sirkuit bekas lapangan udara di Tempelhof, Berlin, Jerman, selama rentang waktu 5 s.d. 13 Agustus 2020, pada tanggal 5-6, 8-9, dan 12-13 sebagai penutup kejuaraan.

Melansir dari laman resmi Formula E, balapan tersebut juga akan digelar tertutup tanpa kehadiran penonton, di mana setiap race akan menampilkan layout sirkuit yang berbeda agar tim dan pembalap bisa menggunakan strategi yang berbeda pula.

“Kami akan menggelar balapan di Berlin, yang menjadi venue yang disukai oleh semua pihak tim, pembalap, dan penggemar di mana akan ada festival selama sembilan hari dengan menyajikan tiga double-header secara beruntun,” ujar Jamie Reigle, selaku CEO Formula E.

“Jadi nantinya dalam festival tersebut kami akan menyediakan tiga layout trek yang berbeda, guna memberikan tantangan baru untuk membuat kejuaraan semakin menarik,” tambahnya.

Kejuaraan ini nantinya akan memberlakukan aturan bahwa setiap tim hanya boleh membawa 20 orang staf ke sirkuit, dan kegiatan lainnya dilakukan secara remote.

Ini demi mematuhi protokol kesehatan setelah pemerintah Jerman memperbolehkan acara tak dihadiri lebih dari 1.000 orang dalam satu lokasi, guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebelumnya kejuaraan balap mobil listrik ini dikabarkan tak akan menggelar balapan pada musim 2020, setelah lima seri yakni Roma ePrix (4 April), Paris ePrix (18 April), Seoul ePrix (3 Mei), Jakarta ePrix (6 Juni) dan Berlin ePrix (21 Juni) telah dibatalkan.

Sementara dua seri lainnya yaitu New York ePrix dan London ePrix selaku dua seri balapan yang tersisa akan menyusul untuk dibatalkan. Namun pernyataan resmi akan menggelar balapan di Berlin setidaknya membawa angin segar bagi para penggemar yang sudah rindu menyaksikan balapan motorsport.

Sebelum dihentikan akibat corona, Antonio Felix da Costa selaku pembalap tim DS Techeetah berada di puncak klasemen sementara Formula E dan disusul oleh Mitch Evans dari tim Panasonic Jaguar yang menempati posisi kedua, hanya selisih 11 poin.