Formula 1

Berkomentar Rasis, Mantan Bos F1 Kena Semprot Lewis Hamilton

Minggu, 28 Juni 2020 13:52 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Baron/Getty Images
Mantan bos Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone, disemprot Lewis Hamilton (Mercedes) karena telah mengatakan komentar berbau rasisme. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Mantan bos Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone, disemprot Lewis Hamilton (Mercedes) karena telah mengatakan komentar berbau rasisme.

INDOSPORT.COM – Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, mencurahkan kekesalannya pada mantan bos Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone, lantaran telah melontarkan komentar bernada rasisme.

Saat ini hubungan antara Hamilton dan Ecclestone tengah memanas, usai pria berusia 89 tahun itu menyatakan kalimat kontroversial bahwa dalam banyak kasus, sebenarnya orang kulit hitam lebih rasis ketimbang kulit putih.

Tak hanya itu, Hamilton yang selama ini amat vokal dalam memerangi kasus rasisme dianggap berlebihan oleh Ecclestone dan mengatakan bahwa kasus ini tak perlu terlalu digemborkan.

Komentar bernada rasisme yang ditunjukan oleh Bernie Ecclestone pun membuat seorang Lewis Hamilton kesal dan bahkan menyebut mantan bos F1 itu telah melontarkan kalimat bodoh.

“Saya sangat sedih mendengar pernyataan Bernie Ecclestone. Dia tak lagi bagian dari ajang motorsport dan generasi yang berbeda, tetapi inilah yang salah. Dia melontarkan kalimat bodoh dan tak berpendidikan yang menunjukkan sejauh mana kita sebagai masyarakat perlu melangkah sebelum kesetaraan nyata terjadi,

“Masuk akal bagi saya sekarang bahwa tidak ada yang dikatakan atau dilakukan untuk membuat olahraga kami lebih beragam atau untuk mengatasi pelecehan rasial yang saya terima selama karier saya,

“Jika seorang telah memimpin olahraga selama beberapa dekade tidak memiliki pemahaman tentang masalah yang dihadapi orang kulit hitam, bagaimana kita bisa mengharapkan orang yang bekerja di bawahnya untuk mengerti? Semua mulai dari atas,

“Jadi saat ini waktunya telah tiba untuk melakukan perubahan,” terang Lewis Hamilton, dilansir dari laman resmi F1.

Sebelumnya pihak F1 juga telah mengeluarkan pernyataan untuk menanggappi komentar rasisme yang diucapkan oleh Bernie Ecclestone dengan mengatakan bahwa dirinya sudah tak memiliki kontribusi apa pun dalam kejuaraan tersebut dan komentarnya sangatlah tak layak.