Formula 1

Debut di F1 2020, Ini Fakta Soal GP Styria

Selasa, 7 Juli 2020 15:44 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© redbull.com
Berikut fakta-fakta terkait Grand Prix (GP) Styria yang akan melakoni debut di ajang balap mobil F1 yang kembali digelar di tengah pandemi. Copyright: © redbull.com
Berikut fakta-fakta terkait Grand Prix (GP) Styria yang akan melakoni debut di ajang balap mobil F1 yang kembali digelar di tengah pandemi.

INDOSPORT.COM – Berikut fakta-fakta terkait Grand Prix (GP) Styria yang akan melakoni debut di ajang balap mobil F1 yang kembali digelar di tengah pandemi.

Dilansir dari The Sun, GP Styria ditambahkan dalam kalender F1 untuk pertama kalinya dalam sejarah balap mobil bergengsi tersebut.

GP Styria juga dikenal dengan nama GP Steiermark. Nama tersebut diambil dari tempat diselenggarakannya GP tersebut yang terletak di sebuah daerah di Austria di sekitaran kota Graz.

Pemilihan tempat ini dilatarbelakangi oleh pihak F1 yang ingin menyelenggarakan balapan sebanyak mungkin di daerah sekitar Austria dan Hungaria untuk menghindari larangan berpegian di tengah pandemi Covid-19.

Seluruh pembalap, kru yang terlibat, serta reporter yang bertugas tidak diperbolehkan pergi keluar masuk selama penyelenggaraan GP Austria, Styria, dan Hungaria yang akan berlangsung selama 3 minggu.

GP Styria akan dilangsungkan di sirkuit Red Bull Ring, tempat yang sama yang digunakan oleh F1 ketika menyelenggarakan GP Austria kemarin. Hal tersebut dilakukan karena pandemi Covid-19.

GP Styria akan digelar tepat satu minggu setelah penyelenggaraan GP Austria. Rencananya balapan akan digelar pada hari Minggu (12/7/2020) mendatang.

Hal ini merupakan fakta yang lumayan unik, mengingat jika tidak ada kejadian seperti pandemi ini pihak F1 pasti tidak akan menyelenggarakan balapan di tempat yang secara beruntun.

Formula 1 GP Styria direncanakan bakal berlangsung dalam 71 laps atau setara dengan 360.452 km. Balapan tersebut juga masih tidak akan dihadiri oleh penonton dan hanya akan dihadiri oleh pihak-pihak yang terlibat dalam balapan.