MotoGP

Profil Fabio Quartararo, Sang Juara di Tengah Kesialan Marc Marquez

Selasa, 21 Juli 2020 01:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter/@FabioQ20
Berikut ini profil singkat Fabio Quartararo, sang juara MotoGP Spanyol 2020 di tengah kesialan pembalap Marc Marquez. Copyright: © Twitter/@FabioQ20
Berikut ini profil singkat Fabio Quartararo, sang juara MotoGP Spanyol 2020 di tengah kesialan pembalap Marc Marquez.

INDOSPORT.COM - Berikut ini profil singkat Fabio Quartararo, sang juara MotoGP Spanyol 2020 di tengah kesialan pembalap Marc Marquez. Mari disimak.

Rider asal Prancis itu berhasil menjadi yang tercepat di seri perdana kala melangsungkan balapan Sirkuit Jerez, Minggu (19/07/20) malam WIB.

Pembalap tim satelit Yamaha itu kala memulai balapan sempat dilewati oleh calon rekan setimnya di MotoGP musim depan yang berasal dari Spanyol, Maverick Vinales pada tikungan pertama.

Selain itu Quartararo juga sempat digeser posisinya oleh sang juara dunia Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu memimpin beberapa lap.

Marquez sempat memimpin balapan yang berlangsug di Sirkuit Jerez, Spanyol tersebut hingga dirinya kehilangan kendali atas tunggangannya itu di lap kelima tetapi masih dapat melanjutkan balapan.

Namun posisi Marquez tertinggal hingga merosot ke posisi 16. Perlahan tapi pasti, Marquez bekerja ekstra keras untuk bisa menjadi yang terdepan.

Sayangnya, usai melewati 13 pembalap di depannya (termasuk Valentino Rossi), Marquez mengalami nasib sial. Dirinya terpental (crash) di tikungan ketiga.

Insiden tersebut dimanfaatkan Quartararo. Dirinya bisa tenang dalam memacu motornya dan membuat skema yang cukup brilian dengan menyalip Vinales di lap kesembilan.

Diduga, Vinales mengalami masalah pada ban depannya. Hal tersebut membuat pembalap dari pabrikan Yamaha itu terganggu dalam ajang kali ini.

Sehingga Quartararo bisa memimpin balapan hingga usai. Pembalap nomor 20 itu pun mencatatkan waktu 41 menit, 23,796 detik dan mendapatkan 25 poin.

Beragam rekor pun dipecahkan oleh Quartararo. Mulai dari kemenangan perdana usai naik ke kelas utama pada 2019 sampai juara pertama pembalap Prancis di era MotoGP dan masih banyak lagi.

Akan tetapi bagi para penggemar MotoGP tak ada salahnya untuk mengetahui sedikit profil singkat dari pembalap berusia 21 tahun, Fabio Quartararo.