MotoGP

Ini Rahasia di Balik Dominasi Yamaha di MotoGP Andalusia 2020

Rabu, 29 Juli 2020 11:02 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Dominasi Yamaha di MotoGP Andalusia kemarin tak lain dan tak bukan terbantu karena persiapan ban yang disarankan oleh Michelin. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Dominasi Yamaha di MotoGP Andalusia kemarin tak lain dan tak bukan terbantu karena persiapan ban yang disarankan oleh Michelin.

INDOSPORT.COM – Dominasi Yamaha di MotoGP Andalusia kemarin tak lain dan tak bukan terbantu karena persiapan ban yang disarankan oleh Michelin mereka ikuti dengan sungguh-sungguh.

Seperti diketahui, Yamaha merajai GP Andalusia kemarin dengan menempatkan 3 pembalapnya, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi untuk bersanding di atas podium.

Hal tersebut tak lepas dari saran Michelin yang diikuti oleh Yamaha dengan sebaik-baiknya. Dilansir dari Motorsport, Michelin sebagai suplier ban resmi MotoGP diketahui mengirim email pada semua tim dan merekomendasikan untuk melakukan scrub pada ban belakang bertipe soft pada sesi pemanasan di hari Minggu (26/07/20).

Scrub tersebut terdiri dari 3 lap, yaitu slow-out lap, one fast lap, dan in-lap. Scrub tersebut berguna untuk menghilangkan lapisan film yang berada di ban. Setelah itu ban dibiarkan dingin dengan memasukkannya kembali ke dalam cover, menunggu reaksi kimia terjadi usai proses scrub dilakukan.

Proses scrub ini diklaim oleh Michelin akan membuat ban menjadi lebih tahan panas dan juga menambah daya tahan karet pada ban.

Juru bicara Michelin menyatakan jika mereka selalu memberikan rekomendasi yang terbaik untuk para tim kontestan MotoGP. Namun, semuanya kembali ke tim, mereka bebas mengikuti rekomendasi itu atau tidak.

“Kami selalu membuat dan mengirim rekomendasi yang kami yakini akan membuat performa tim di atas trek meningkat, tetapi keputusan ada pada tim, terserah mereka mau mengikuti rekomendasi yang kami berikan atau tidak,” katanya.

Dan tampaknya rekomendasi Michelin itu manjur usai Quartararo kembali menunjukkan tajinya dengan menjadi yang tercepat di MotoGP Andalusia kemarin.