MotoGP

Siap Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Selesai Pertengahan 2021

Kamis, 6 Agustus 2020 15:52 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/MotoGP
Proses pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok yang rencananya akan digelar pada 2021 mendatang masih terus dikebut. Copyright: © Twitter/MotoGP
Proses pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok yang rencananya akan digelar pada 2021 mendatang masih terus dikebut.

INDOSPORT.COM - Proses pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok yang rencananya akan digelar pada 2021 mendatang masih terus dikebut. Rencananya Sirkuit Mandalika akan selesai pada pertengahan tahun depan.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo, menyatakan pembangunan Sirkuit Mandalika bisa selesai pertengahan 2021 dan mampu menjadi salah satu daya tarik wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Diperkirakan pembangunan sirkuit ini akan selesai di pertengahan tahun 2021mendatang, diharapkan dengan adanya sirkuit ini bisa menjadi daya tarik bagi pariwasata khususnya bisa menjadi lokomototif industri pariwisata," ujar Fajar dalam diskusi Redefine Tourism Investment In Eastern-Indonesia seperti dilansir dari Kompas Money.

Adanya Sirkuit MotoGP di Mandalika juga diperkirakan akan mendongkrak investasi di Indonesia. Pada kuartal tahun 2020, nilai investasi Indonesia senilai USD401,4 juta.

Ke depannya, diharapkan nilai investasi Indonesia dari pariwisata bisa terus tumbuh. 

"Investasi realisasi pariwisata tahun 2019 yang lalu berada di angka 1,9 miliar dollar AS atau sebesar Rp 28.618 triliun. Angka ini terdiri atas PMA sebesar 685 juta dollar AS dan PMDN sebesar 1,222 miliar dollar, melihat kinerja sektor pariwisata ini maka besar harapan kita, optimis pertumbuhan investasi ini cukup baik di tengah wabah ini," tambah Fajar.

Di sisi lain, Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan BKPM Nurul Ichwan, menyebut sektor pariwisata Indonesia yang kini terpukul karena pandemi Corona diperkirakan akan kembali jika vaksin sudah ditemukan.

"Jangankan menunggu Covid-19 reda, ada Covid-19 saja banyak yang bermain sepeda. Artinya apa? Kita bisa melihat wisata-wisata bisa kembali bergairah dan ini menarik saya kira," beber Nurul Ichwan.