Formula 1

Hasil Formula 1 GP Rusia: Manfaatkan Penalti Hamilton, Bottas Raih Gelar Juara

Minggu, 27 September 2020 19:56 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Yuri Kochetkov - Pool/Getty Images
Berikut hasil Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (27/09/20) malam WIB, di mana Valtteri Bottas jadi juara usai Lewis Hamilton terkena penalti. Copyright: © Yuri Kochetkov - Pool/Getty Images
Berikut hasil Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (27/09/20) malam WIB, di mana Valtteri Bottas jadi juara usai Lewis Hamilton terkena penalti.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (27/09/20) malam WIB, di mana Valtteri Bottas jadi juara usai Lewis Hamilton terkena penalti.

Ajang Formula 1 (F1) akhirnya memasuki seri kesepuluh. Sirkuit Sochi Autodrom menjadi tuan rumah untuk GP Rusia, Minggu (27/09/20) malam WIB.

Sempat mendapatkan penyelidikan akibat melakukan pelanggaran saat latihan start sebelum balapan dimulai, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, akhirnya tetap mengawali balapan dari posisi terdepan sesuai hasil kualifikasi.

Pembalap asal Inggris itu sukses mempertahankan posisinya saat start, tapi dua pembalap yakni Lance Stroll (Racing Point) dan Carlos Sainz (McLaren) langsung keluar dari balapan setelah terpelintir dan menabrak pagar pembatas di tikungan dua. Safety car pun langsung masuk ke dalam sirkuit.

Di lap keenam, Safety Car akhirnya mengakhiri tugasnya. Lewis Hamilton langsung memanfaatkan situasi tersebut untuk menjauh dari rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, dan Max Verstappen (Red Bull) yang membuntutinya di posisi kedua dan ketiga.

Pada lap kedelapan, nasib sial menimpa Hamilton. Pembalap F1 asal Inggris itu dijatuhi hukuman penalti lima detik sebanyak dua kali akibat pelanggarannya sebelum balapan dimulai.

Jagoan Mercedes itu pun kemudian menjalani hukumannya saat masuk pit di lap ke-17 dari posisi pertama. Akibatnya, saat keluar dari pit ia merosot jauh ke posisi 10, di belakang Sebastien Vettel.

Meski demikian, pelan tapi pasti Lewis Hamilton berhasil menyalip satu per satu pembalap yang ada di depannya. Ia pun berhasil naik ke peringkat ketiga, di belakang Bottas dan Verstappen, tertinggal sembilan detik dari sang pembalap Belanda.

Ketiga pembalap itu pun kemudian mempertahankan posisi masing-masing dengan nyaman. Meski demikian, keseruan terjadi di peringkat menengah.

Di lap 46, Lando Norris, Pierre Gasly, dan Alexander Albon saling menempel untuk memperebutkan posisi kesembilan. Norris kemudian memenangi perebutan itu meski terus ditempel ketat Gasly dan Albon dengan interval kurang dari satu detik.

Gasly berhasil membalas dengan menyalip Norris di lap ke-48 untuk mencuri posisi kesembilan dari genggaman Norris.

Bottas pun akhirnya menjuarai GP Rusia usai finis di peringkat pertama pada lap ke-53, yang menjadi gelar keduanya di musim 2020 ini.

Max Verstappen mengikuti di posisi kedua, dengan Hamilton melengkapi posisi podium. Peringkat empat dan lima diisi oleh  Sergio Perez dan Daniel Ricciardo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%