MotoGP

Gosip MotoGP: Andrea Dovizioso Bakal Depak Lorenzo Demi Gabung Yamaha?

Jumat, 30 Oktober 2020 12:13 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© INDOSPORT
Andrea Dovizioso dikabarkan bakal mendepak posisi Jorge Lorenzo sebagai test rider atau pembalap penguji Yamaha pada MotoGP 2021. Copyright: © INDOSPORT
Andrea Dovizioso dikabarkan bakal mendepak posisi Jorge Lorenzo sebagai test rider atau pembalap penguji Yamaha pada MotoGP 2021.

INDOSPORT.COMAndrea Dovizioso dikabarkan bakal mendepak posisi Jorge Lorenzo sebagai test rider atau pembalap penguji lantaran ia dirumorkan telah mendapatkan tawaran posisi tersebut dari tim Yamaha untuk MotoGP 2021.

Dovizioso sendiri memang telah memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya dengan Ducati yang akan habis pada akhir MotoGP 2020, meski telah menjalin mitra selama 8 tahun.

Hal ini membuat Dovizioso sempat dikaitkan dengan tim Aprilia Gresini Racing untuk duet bersama Aleix Espargaro. Namun rider asal Italia tersebut tak tertarik, dan memilih mengambil opsi untuk mengambil cuti panjang jika tak ada kesepakatan dengan tim manapun pada musim depan.

Pilihan lainnya ialah membalap di kejuaraan lain seperti motorcross dan menjadi pembalap penguji, mengingat terdapat tiga tim yang masih membuka peluang yakni Honda, KTM dan Yamaha.

Melansir dari laman Motorsport, Andrea Dovizioso memang berpeluang untuk merapat dengan tim Honda demi menjadi penggati bagi Marc Marquez jika cederanya belum pulih pada musim depan. Namun mereka tak tertarik merekrutnya sebagai test rider.

Sedangkan dengan KTM agaknya berpeluang kecil bagi Dovizioso untuk bergabung dengan mereka, karena kehadiran Dan Pedrosa untuk pengembangan motor cukup memuaskan.

Lalu satu-satunya peluang besar yang ada ialah bergabung dengan Yamaha, mengingat Petronas Yamaha SRT hanya menjalin kontrak satu musim dengan Valentino Rossi. Jika The Doctor memutuskan pensiun, maka Dovizioso bisa kembali beraksi di atas lintasan sebagai pembalap aktif.

Namun jika tidak, maka Andrea Dovizioso masih memiliki peluang sebagai test rider untuk menggantikan Jorge Lorenzo, yang dianggap belum bisa memuaskan Yamaha sebagai pembalap penguji.

Jorge Lorenzo dianggap masih minim pengalaman dan membutuhkan waktu lama untuk bisa kembali beradaptasi dengan YZR M1, mengingat ia sempat mengalami cedera dan lama tak membalap selepas memutuskan pensiun.

Namun Simone Battistella selaku manajer Dovizioso mengatakan bahwa keputusan masa depan pembalapnya akan segera diumumkan pada pekan ini.

“Apa yang diinginkan oleh Andrea Dovizioso ialah bisa ikut balapan di kejuaraan lain tahun ini. Kami akan membuat keputusan akhir pekan ini,” tambahnya.

Sekadar informasi, pembalap kawakan tersebut sebelumnya sempat bergabung dengan Yamaha Tech3 dengan kontrak satu tahun pada 2012. Hasilnya cukup impresif yakni menyabet enam podium dan finis di posisi keempat klasemen akhir MotoGP 2012, sebelum akhirnya gabung dengan Ducati.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%