In-depth

Lorenzo, Rossi, dan Sesuatu yang Misterius Tengah Terjadi di Yamaha

Kamis, 8 Oktober 2020 19:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Photo Milagro
Jorge Lorenzo memberi arahan kepada Valentino Rossi. Copyright: © Photo Milagro
Jorge Lorenzo memberi arahan kepada Valentino Rossi.

INDOSPORT.COM - Test rider alias pembalap uji coba Yamaha yakni Jorge Lorenzo merasakan sesuatu yang janggal saat menjajal motor pabrikan itu. Di sisi lain, Yamaha kini menghadapi banyak permasalahan di MotoGP dan juga dikeluhkan Valentino Rossi.

Lorenzo diketahui sudah mulai menjalankan perannya sebagai test rider Yamaha. Ia menjajal motor Yamaha yang ternyata keluaran tahun 2019, tidak terlalu baru karena sudah berusia satu tahun.

Pembalap asal Spanyol itu pun memberikan pernyataannya usai menjajal motor. Lorenzo sedikit merasa aneh karena ia berpikir bakal diberikan motor dengan mesin terbaru Yamaha untuk menguji kelebihan dan kekurangan tunggangan itu untuk tahun depan.

“Beberapa minggu lalu saya berbicara dengan (bos tim, Mario] Meregalli dan dia mengatakan kepada saya bahwa saya akan memiliki motor baru, tetapi saya pergi ke pit beberapa jam yang lalu dan melihat bahwa saya mencoba motor tahun 2019," ujar Lorenzo seperti dilansir dari The Race.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai komitmen Yamaha tidak hanya untuk pembalap penguji MotoGP yang paling sukses (dan kemungkinan mahal), tetapi juga untuk rencana pengembangan pabrikan asal Jepang itu.

Terlebih para pembalap mereka terus mengeluh tentang kerugian yang mereka hadapi dengan mesin M1 2020.

Yamaha memiliki masalah serius dengan masa pakai mesin tahun ini. Beberapa katup yang rusak yang dipasang ke semua unit motor yang dipasok ke Maverick Vinales, Valentino Rossi, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Tiga mesin telah gagal sejauh ini dari 20 yang dipasok ke empat pembalap mereka. Selain itu Yamaha yang seolah tak memanfaatkan potensi Lorenzo sebagai pembalap uji coba juga menuai kritik.

Jika dibandingkan dengan test rider lainnya, seperti Dani Pedrosa untuk Honda, potensi Lorenzo seolah diabaikan. Eks juara dunia MotoGP itu tercatat hanya pernah menguji coba motor di Sirkuit Sepang beberapa waktu lalu.

Semenjak itu, Lorenzo sudah delapan bulan tak lagi menguji motor Yamaha padahal semua pembalap penguji saingannya menghabiskan hari demi hari di trek. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%