Formula 1

Hasil Balapan Formula 1 GP Emilia Romagna: Hamilton Bawa Mercedes Juara Dunia

Minggu, 1 November 2020 20:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Peter Fox/Getty Images
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memastikan juara dalam balapan Formula 1 2020 Grand Prix Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit  Imola, Minggu (01/11/20). Copyright: © Peter Fox/Getty Images
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memastikan juara dalam balapan Formula 1 2020 Grand Prix Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit Imola, Minggu (01/11/20).

INDOSPORT.COM – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton memastikan juara dalam balapan Formula 1 2020 Grand Prix Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit  Imola, pada Minggu (01/11/20) malam WIB.

Memulai dari pole pertama, Bottas melaju mulus untuk memimpin balapan. Sementara Lewis Hamilton yang awalnya memulai dari urutan kedua harus disalip oleh Verstapen. Ketiganya pun melaju hanya selisih dua detik satu sama lain.

Memasuki lap 22, Hamiton justru mulai memimpin balapan setelah Verstappen berhenti di pit. Hamilton kian melaju kencang tanpa berhasil dikejar oleh dua rivalnya itu.

Namun pada lap ke-32 dia harus menjalani pemeriksaan dengan virtual safety car. Meski begitu, dia tetap mampu mengejar ketingalan untuk bisa meraih P1 di depan rekan setimnya Valterri Bottas.

Mercedes masih mendominasi hingga lap ke-43, di mana Hamilton di posisi terdepan diikuti Bottas. Namun, Verstappen berhasil memisahkan keduanya dengan merebut posisi kedua dari Bottas.

Sayang sekali, upaya Verstappen harus berakhir saat memasuki lap ke-51. Mobilnya terperosok ke luar lintasan lantaran bermasalah dengan ban mobil. Alhasil, dia pun memutuskan keluar dari balapan.

Selain Verstappen, masalah juga terjadi pada sejumlah pembalap seperti Esteban Ocon, Pierre Galsy, dan Kevin Magnussen yang membuat mereka harus keluar dari balapan.

Sementara Hamilton dan Bottas sudah mengamankan posisi podium pertama dan kedua, juara ketiga masih diperebutkan oleh Daniel Ricciardo dan Daniil Kvyat di lap ke-59.

Secara mengejutkan, Alex Albon yang nyaris merebut podium keitga justru bertabrakan dengan Carlos Sainz membuat posisinya terlempar di urutan P15.

Hingga akhirnya, Hamilton memastikan kemenangannya di F1 GP Emilia Romagna dengan finis terdepan. Ini merupakan kemenangannya yang ke-93 di Grand Prix Emilia Romagna dalam sepanjang kariernya.

Kemenangan Hamilton ini sekaligus menjadikan tim Mercedes juara dunia kontruktor di musim 2020. Lebih dari itu, ini merupakan kemenangan ketujuh secara beruntun yang diraih oleh pabrikan asal Jerman  sejak 2014 silam. 

Sementara rekan setimnya, Bottas menyusul di urutan kedua setelah hanya selisih 1,8 detik dari Hamilton. Podium ketiga ditempati oleh Daniel Ricciardo.

Selengkapnya, berikut ini hasil balapan Formula 1 GP Emilia Romagna:

1. Lewis Hamilton (Mercedes)

2. Valtteri Bottas (Mercedes)

3. Daniel Ricciardo (Renault)

3. Daniil Kvyat (Scuderia Toro Rosso)

4. Charles Leclerc (Ferrari)

5. Sergio Perez (Racing Point-BWT Mercedes)

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%