MotoGP

Joan Mir, 'Si Miskin' yang Sukses Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Senin, 16 November 2020 11:12 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Getty Images/Steve Wobes
Joan Mir, juara MotoGP 2020 Copyright: © Getty Images/Steve Wobes
Joan Mir, juara MotoGP 2020

INDOSPORT.COMJoan Mir mengungkapkan fakta yang cukup menyedihkan dalam kariernya sebagai seorang pembalap, sebelum akhirnya bisa meraih gelar juara dunia MotoGP 2020.

Mir hadir sebagai kampiun baru di kelas premier yang sebelumnya didominasi Marc Marquez selama empat musim beruntun. Ia sukses meraih juara usai mengumpulkan 171 poin dalam klasemen sementara MotoGP 2020.

Namun nyatanya kesuksesan tersebut tak didapat rider Suzuki Ecstar itu dengan mudah. Ia sempat mengalami masa sulit, terutama saat baru berkecimpung di dunia motorsport.

Mir mengaku sempat mengalami kesulitan ekonomi, membuat ayahnya tak mampu membayar mahal untuk bergabung dalam sebuah tim. Namun ia tak menyerah, dan satu-satunya jalan ialah sebisa mungkin meraih kemenangan untuk mendapatkan sponsor agar ia tetap balapan.

“Saya berjuang sepanjang hidup saya untuk mencapai impian ini, dan masih tak percaya bahwa saya berhasil. Sayah saya tak punya uang untuk membayar tim agar saya bisa balapan, jadi satu-satunya kesempatan ialah terus menang agar bisa mendapatkan bantuan sponsor,” kata Joan Mir.

“Saya banyak berlatih karena ayah saya telah banyak berkorban. Saya memiliki mimpi ini jadi saya tak akan pernah berhenti. Ada banyak orang yang harus saya ucapkan terima kasih,”

“Terutama keluarga saya yang telah membantu saya di masa lalu, dan tim Suzuki karena telah memberikan saya kesempatan ini. Saya masih tak percaya bisa menjadi juara di musim kedua membalap di MotoGP, dan sekarang gelar itu milik saya,” jelasnya, dilansir dari GP One.

Joan Mir sendiri telah mengendarai motor sejak berusia 6 tahun pada 2003 silam. Ia kemudian memulai langkahnya untuk menjadi pembalap profesional dengan tergabung dengan sekolah balap milik ayah Jorge Lorenzo, Chico Lorenzo pada 2008.

Sejak saat itu, secara perlahan kariernya mulai menanjak dan salah satu prestasi lainnya ialah menjadi peraih gelar juara dunia Moto3 pada 2012 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%