MotoGP

Tak Akan Ada Balapan di Sirkuit Brno pada MotoGP 2021!

Kamis, 10 Desember 2020 10:14 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - GP Ceko di Sirkuit Brno tak akan ada lagi dalam kalender balap MotoGP 2021. Kurangnya dana untuk penambahan aspal baru menjadi penyebab utama.

Dorna sebagai penyelenggara MotoGP sudah meminta Sirkuit Brno untuk mengganti aspal mereka. Masalahnya, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan dana sebesar 3,8 juta euro (sekitar Rp 65 miliar). Hal itu yang tidak bisa dipenuhi pengelola sirkuit.

Pemerintah lokal yang biasanya menjadi sponsor utama GP Ceko juga tidak bisa berbuat banyak untuk menutup kebutuhan dana tersebut, karena ada masalah yang lebih mendesak yaitu pandemi virus corona.

Ditambah lagi, Dorna menaikkan biaya untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Kondisi ini semakin menempatkan pengelola Sirkuit Brno dalam krisis.

Sirkuit Brno yang sekarang ada sudah menjadi tuan rumah World Championship sejak 1987. Sebelumnya, sirkuit ini sudah menggelar banyak event balap motor, sejak 1965.
 
Dengan resmi mundurnya Ceko sebagai tuan rumah, artinya pintu terbuka bagi negara lain untuk masuk dalam kalender balap musim depan. Rusia, Portugal, dan Indonesia ada dalam daftar cadangan untuk balapan musim depan.

Namun, sepertinya susah bagi Indonesia untuk masuk. Dengan kondisi seperti saat ini, efisiensi biaya juga jadi pertimbangan Dorna. Apalagi saingan Indonesia adalah dua negara di Eropa, yang secara geografis lebih menguntungkan.