Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Akan Direnovasi untuk Balapan MotoGP dan Formula 1

Jumat, 18 Desember 2020 20:06 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
Fabio Quartararo, Joan Mir dan Alex Rins rayakan kemenangannya di atas podium di MotoGP Moto Grand Prix de Catalunya, Minggu (27/09/2020). Copyright: © Twitter@MotoGP
Fabio Quartararo, Joan Mir dan Alex Rins rayakan kemenangannya di atas podium di MotoGP Moto Grand Prix de Catalunya, Minggu (27/09/2020).

INDOSPORT.COM - Circuit de Barcelona-Catalunya atau yang biasa disebut dengan Sirkuit Catalunya akan mengubah layout tikungan 10. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pembalap.

Sirkuit ini menjadi salah satu tempat balapan rutin Formula 1 dan MotoGP. Tikungan 10 orisinal sirkuit ini berupa belokan ke kiri yang tajam dan panjang, lalu menuju ke tikungan 11.

Setelah 2004, Formula 1 tidak lagi memakai versi orisinal tikungan 10. Mereka memilih tikungan yang lebih sempit dan patah, dengan posisi lebih ke dalam dibandingkan versi orisinal, untuk meningkatkan keselamatan, karena pembalap harus mengurangi kecepatan di sini.

Formula 1 juga memilih memakai tikungan chicane (zigzag) 14/15 yang banyak tidak disukai, daripada langsung menuju tikungan terakhir setelah melewati tikungan 13. Formulai 1 punya 16 tikungan di sirkuit ini.

Sementara itu, MotoGP tetap memakai versi orisinal tikungan 10 hingga 2016. Dengan mempertimbangkan keselamatan pembalap, MotoGP mengikuti jalur F1 mulai 2017.

Hal ini juga dipicu meninggalnya pembalap Moto2, Luis Salom, setelah mengalami kecelakaan hebat di tikungan 12 sirkuit tersebut.

Namun, MotoGP tidak memakai tikungan chicane 14/15. Dari tikungan 13, pembalap akan langsung menuju tikungan terakhir yaitu tikungan 14 (tikungan 16 di F1), lalu lanjut ke garis finis.

Kini, layout tikungan 10 versi orisinal akan diubah. Tikungan ini akan dibuat lebih ketat sehingga kecepatan pembalap yang melewatinya akan berkurang. Pengerjaan renovasi ini akan selesai sebelum balapan 2021 digelar di sirkuit ini.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan manajemen sirkuit, pengerjaan reshaping ini akan dilakukan pada Januari 2021.

"Untuk musim 2021, sudah disetujui oleh FIA (Federasi Otomobil Internasional) dan FIM (Federasi Motor Internasional), Circuit de Barcelona-Catalunya membuat desain baru dan unik untuk tikungan 10, yang akan berlokasi di antara dua layout (tikungan 10) saat ini," demikian pernyataan dari manajemen sirkuit

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%