MotoGP

Tak Akan Ada 3 Motor untuk Repsol Honda Team Musim Depan

Selasa, 29 Desember 2020 22:43 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - MotoGP 2021 dijadwalkan menggelar tes pramusim pada 19-21 Februari di Sirkuit Sepang, Malaysia. Itu pun jika pandemi Covid-19 sudah mereda.

Namun, hingga saat ini belum ada kabar pasti seputar kondisi kesehatan pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez. Terakhir saat mengucapkan selamat Natal lewat media sosial, tangan kanan pembalap Spanyol tersebut masih dalam perawatan.

Honda mengeluarkan pernyataan resmi seputar kondisi pembalapnya tersebut adalah ketika Marquez keluar dari rumah sakit di Madrid, setelah menjalani operasi ketiganya, pada awal Desember 2020.

Rasanya, Marquez belum akan bisa memacu motor saat tes pramusim di Sepang. Apakah dia akan bisa turun pada seri pertama di Qatar yang rencananya digelar akhir Maret 2021?

Belum ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, wajar jika rumor seputar Andrea Dovizioso akan turun ke lintasan bersama Repsol Honda Team pada MotoGP 2021 masih terus berembus.

Ada muncul kabar bahwa Honda mungkin akan mengajukan opsi untuk memakai tiga motor pada musim depan. Selain Dovizioso dan Marquez (jika nanti akhirnya pulih), akan ada Pol Espargaro di tim ini.

Namun, opsi tiga motor ini sudah pasti tidak akan bisa dijalankan oleh Repsol Honda. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sudah menyatakan bahwa tidak akan ada motor ketiga untuk pabrikan asal Jepang tersebut.

"Pengecualian tidak usah ditanyakan. Tidak mungkin untuk menambahkan kuata lebih dari dua motor untuk satu tim. Honda punya dua tempat untuk Repsol Honda Team, dan dua lagi untuk tim Lucio Cecchinello (LCR Honda)," kata Ezpeleta dilansir dari AS.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93)

Ezpeleta menegaskan bahwa Honda harus mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang tengah mereka hadapi. Solusi itu tentu saja sangat terkait dengan kapan Marquez akan pulih dan siap bersaing lagi di lintasan.

Bos Dorna tersebut juga mengatakan bahwa kehilangan Andrea Dovizioso merupakan kerugian bagi MotoGP. Hanya karena tidak mendapatkan kesepakatan yang cocok, pembalap Italia tersebut memutuskan untuk meninggalkan MotoGP.

"Saya tidak tahu apakah dia akan kembali tahun ini (MotoGP 2021) atau berikutnya, tetapi saya tidak menganggap dia pensiun. Dia tidak pernah bicara soal pensiun, dia hanya mengambil cuti," kata Ezpeleta.