MotoGP

26 Pemenang Balapan World Championship, Termasuk MotoGP 2020

Sabtu, 2 Januari 2021 17:47 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Pembalap MotoGP Suzuki Ecstar, Joan Mir. Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Pembalap MotoGP Suzuki Ecstar, Joan Mir.

INDOSPORT.COM - World Championship musim 2020 hanya terdiri dari 14 seri (MotoGP) dan 15 seri (Moto2, Moto3). Namun, jumlah pemenangnya luar biasa, yaitu 26.

Pandemi Corona membuat beberapa seri musim 2020 dibatalkan, atau diubah tanggal event-nya. Hal ini juga berpengaruh pada banyaknya pembalap yang muncul.

Seperti biasa, persaingan di kelas paling kecil, yaitu Moto3, selalu menghadirkan kejutan di setiap seri. Sulit untuk menembak siapa yang akan menjadi pemenang balapan.

Perebuatan posisi pertama sering terjadi hingga lap terakhir, bahkan hingga garis finis. Total, ada 10 pembalap yang menjadi juara Moto3 2020. Albert Arenas keluar sebagai juara dunia.

Kelas menengah atau Moto2 lebih mudah ditebak dibandingkan Moto3. Total ada tujuh pembalap yang memenangi balapan dan Enea Bastianini yang menang tiga kali akhirnya menjadi juara dunia.

MotoGP 2020 menghadirkan sensasi berbeda. Tak mudah juga untuk menebak pemenang balapan. Absennya Marc Marquez juga membuat jumlah pemenang balapan menjadi lebih banyak.

Joan Mir hanya memenangi satu balapan pada musim ini. Namun, penampilan yang konsisten mengantarnya menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Berikut ini daftar para pemenang World Championship 2020 berserta jumlah kemenangan yang mereka raih.

© Indosport.com
Daftar pemenang World Championship 2020. Copyright: Indosport.comDaftar pemenang World Championship 2020.