Legenda Balap Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia

Sabtu, 2 Januari 2021 08:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ginanjar/INDOSPORT
Legenda Balap Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia di Jakarta pada hari Sabtu (02/01/21). Copyright: © Ginanjar/INDOSPORT
Legenda Balap Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia di Jakarta pada hari Sabtu (02/01/21).

INDOSPORT.COM - Dunia balap dan kuda Indonesia berduka. Salah satu legenda terbaik, Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada hari Sabtu (02/01/21) di Jakarta.

Alex Asmasoebrata yang merupakan ayah dari pebalap putri tanah air, Alexandra Asmasoebrata meninggal dunia pada usia 69 tahun karena sakit yang sudah dideritanya sejak lama.

“Telah berpulang ke Rahmatullah H. Alex Asmasoebrata bin H. Ipik Asmasoebrata Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta, Ketua Harian PP Pordasi pada hari Sabtu, 2 Januari 2021 jam 00.15 di RSCM Kencana Jakarta,” bunyi pesan berantai di kalangan media seperti dilansir dari ANTARA.

Kepergian Alex Asmasoebrata menambah daftar panjang tokoh otomotif Indonesia yang berpulang, setelah Hemly Sungkar yang merupakan ayah dari pebalap Rifat dan Rizal Singkar lebih dulu tutup usia.

Alex Asmasoebrata tidak hanya dikenal di dunia otomotif, namun juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta dan Ketua Harian PP Pordasi.

Selain menyenangi balap mobil, almarhum juga berkecimpung di beberapa cabang olahraga, seperti tenis dan berkuda.

Alex Asmasoebrata kemudian menurunkan bakatnya kepada anak bungsunya, Alexandra Asmasoebrata, yang kini menjadi pembalap wanita terbaik di Indonesia.

Alexandra sebagai pemenang beberapa seri balapan di ajang Formula Renault Asia. Hanya saja, perempuan berusia 32 tahun itu tidak pernah bisa menembus kategori yang lebih tinggi di ajang balap mobil.

Sesuai dengan rencana jenazah Alex Asmasoebrata akan dikebumikan di Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat.