MotoGP

MotoGP Thailand Terancam Batal, Sirkuit Mandalika Bakal Jadi Pengganti?

Rabu, 3 Februari 2021 11:41 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB punya kesempatan untuk menggelar balapan pada musim ini, setelah MotoGP Thailand 2021 terancam batal digelar. Copyright: © Getty Images
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB punya kesempatan untuk menggelar balapan pada musim ini, setelah MotoGP Thailand 2021 terancam batal digelar.

INDOSPORT.COMSirkuit Mandalika, Lombok, NTB punya kesempatan untuk menggelar balapan pada musim ini, setelah MotoGP Thailand 2021 terancam batal digelar.

MotoGP Thailand yang digelar di sirkuit Buriram dan rencananya akan berlangsung pada 10 Oktober 2021 dikabarkan terancam digelar menyusul kasus pandemi Covid-19 yang juga belum mereda.

Hal ini pun membuat pemerintah Thailand untuk memilih menunda perpanjangan kontrak dan mengalihkan kontraknya bersama Dorna Sports selama lima tahun pada 2022-2026. Ini berarti, Thailand tak akan menggelar balapan pada musim ini.

Melansir dari laman The Race, biaya lisensi untuk kontrak di sirkuit Buriram di mulai 2022 hingga lima musim mendatang tetap menelan biaya 25 juta euro (Rp 422 miliar).

Mundurnya Thailand juga menjadi negara pertama yang memutuskan mundur dari ajang MotoGP 2021, di mana akan ada perubahan dalam kalender balapan musim ini, meski belum ada konfrimasi secara resmi dari pihak Dorna Sports.

Di sisi lain, keputusan Thailand untuk mundur juga bisa membuka peluang bagi sirkuit Mandalika untuk ikut menggelar balapan di MotoGP 2021, mengingat saat ini statusnya sebagai sirkuit cadangan.

Namun yang perlu digarisbawahi ialah sirkuit Mandalika harus segera menyelesaikan proses pembangunan serta homologasi, dan persiapan lainnya dengan matang dan tepat waktu agar bisa tampil sebagai tuan rumah di MotoGP 2021.

Kabar terkini, sejumlah titik  di kawasan Sirkuit Mandalika sempat tergenang banjir setelah Lombok tengah diguyur hujan deras yang terjadi dari siang hingga malam pada akhir pekan lalu.

Namun Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) membeberkan genangan tersebut dapat segera surut karena sistem drainase yang berfungsi dengan baik.  Selain itu, lokasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika juga dipastikan dalam kondisi aman dan kegiatan pembangunan tetap berjalan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
75%