MotoGP

Hadiri Pemakaman Sepupu Pembalapnya, Vinales Absen dari GP AS

Kamis, 30 September 2021 20:59 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Danilo Di Giovanni/Getty Images
Maverick Vinales saat balapan di Misano World Circuit Copyright: © Danilo Di Giovanni/Getty Images
Maverick Vinales saat balapan di Misano World Circuit

INDOSPORT.COM - Pembalap baru tim Aprilia Gresini, Maverick Vinales, dipastikan tidak akan ambil bagian di MotoGP Amerika Serikat yang akan digelar pada Senin (04/10/2021) mendatang. Rider berusia 26 tahun tersebut harus absen karena masih berduka atas kematian sepupunya yang juga seorang pembalap, Dean Berta Vinales.

Aprilia sepenuhnya mendukung Vinales beserta keluarga dalam kondisi duka mereka. Padahal kebersamaan mereka baru terjalin pada Agustus 2021 lalu usai sang rider Spanyol dipecat dari Yamaha.

Belum diketahui kapan tepatnya Vinales akan kembali beraksi di atas kuda besi. Yang jelas untuk mantan juara Moto3 edisi 2013 itu Aprlia memberikan kelonggaran waktu agar bisa sepenuhnya pulih dari kesedihan.

"Maverick Vinales tidak akan berada di grid GP Amerika yang dijadwalkan digelar di Austin, Texas, minggu depan. Sehubung belum ada sepekan berlalu usai meninggalnya Dean Berta Vinales yang merupakan sepupu Maverick maka diyakini belum ada kesiapan untuk bertanding kembali," ungkap pernyataan resmi Aprilia.

"Untuk itu Maverick memutuskan untuk sementara mengambil rehat dari kegiatan beradaptasi dengan tim dan motor barunya. Sesuatu yang mana sangat didukung oleh Aprilia,"

"Segenap elemen Aprilia ikut berduka bersama Maverick dan keluarga. Masih ada lain waktu untuk meneruskan kerja sama kami," tambah mereka lagi.

Keluarga besar Vinales memang sangat dekat dengan kehidupan balap motor. Selain Dean, Vinales masih punya satu sepupu lagi bernama Isaac Vinales yang satu tahun lebih tua darinya dan sedang membalap di ajang Moto2.

Dean meninggal secara tragis pekan lalu saat mengikuti ajang World Supersport 300 yang merupakan kompetisi usia muda milik World Superbikes. Remaja 15 tahun tersebut kehilangan nyawanya usai terlibat dalam kecelakaan di lap 11 sirkuit Jerez, Spanyol, bersama empat pembalap lain.