Formula 1

Hasil F1 GP Brasil: Fantastis! Start P10, Hamilton Jadi Juara Asapi Verstappen

Senin, 15 November 2021 01:57 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Peter Fox/Getty Images
Berikut hasil F1 GP Brasil, Senin (15/11/21) dini hari WIB. Start dari posisi 10 usai terkena penalti, Lewis Hamilton sukses jadi juara ungguli Max Verstappen. Copyright: © Peter Fox/Getty Images
Berikut hasil F1 GP Brasil, Senin (15/11/21) dini hari WIB. Start dari posisi 10 usai terkena penalti, Lewis Hamilton sukses jadi juara ungguli Max Verstappen.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil F1 GP Brasil, Senin (15/11/21) dini hari WIB. Start dari posisi 10 usai terkena penalti, Lewis Hamilton sukses jadi juara ungguli Max Verstappen.

Formula 1 2021 kini memasuki seri kesembilan belas yakni F1 GP Brasil. Balapan di sirkuit Interlagos itu digelar Senin (15/11/21) pukul 00.00 WIB.

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas start dari posisi terdepan usai memenangi sprint race yang digelar sehari sebelumnya. Sementara itu, pemuncak klasemen sementara yakni Max Verstappen (Red Bull) memulai lomba dari posisi kedua.

Nasib sial dialami pesaing Verstappen dalam perburuan gelar juara dunia, Lewis Hamilton. Andalan Mercedes itu start dari posisi 10 usai finis di posisi 5 saat sprint race dan dihukum penalti mundur 5 grid karena mengganti ECU di luar jatah.

Di lap pertama, Verstappen langsung mengambil alih pimpinan lomba usai menyalip Bottas. Sementara itu, Hamilton melesat dari posisi 10 ke posisi 6.

Pembalap Inggris itu pun terus merangsek ke depan. Di lap kelima, ia sudah berada di posisi ketiga di belakang Verstappen dan rekan setimnya, Sergio Perez. Sementara itu Bottas melorot ke posisi keempat.

Di lap keenam, safety car keluar ke lintasan setelah Yuki Tsunoda mengalami insiden yang merusak sayap depan mobilnya.

Memasuki lap ke-18, Hamilton makin menekan Verstappen setelah berhasil naik ke posisi 2 menggusur Perez.

Kehilangan cengkeraman ban belakang, Hamilton melakukan pitstop di lap ke-26. Langkah ini kemudian diikuti Verstappen 2 lap kemudian. Pembalap Belanda itu berhasil kembali ke lintasan di depan Hamilton, tapi jarak kedua pembalap itu menipis menjadi hanya 1,5 detik.

Hamilton akhirnya berhasil mengambil alih pimpinan lomba di lap ke-40 setelah Verstappen melakukan pitstop kedua dan kembali ke lintasan di posisi 3 di belakang Perez. Tiga lap kemudian, giliran Hamilton yang melakukan pitstop kedua.

Memasuki lap ke-46, Max Verstappen sudah kembali berada di posisi terdepan, diikuti Hamilton, Bottas, dan Perez.

Di lap ke-48, Hamilton terpaksa melebar dari lintasan saat bersaing dengan Verstappen di tikungan 4. Namun, stewards kemudian memastikan tak ada yang perlu diselidiki dari insiden tersebut.

Penampilan gila-gilaan Lewis Hamilton yang ditunjukkan sejak sprint race mencapai puncak di lap ke-59, ketika ia akhirnya berhasil merebut pucuk pimpinan dari tangan Verstappen.

Pembalap Mercedes itu pun akhirnya berhasil mempertahankan posisinya, hingga bendera finis dikibarkan. Start dari posisi 10, Lewis Hamilton tampil gemilang dan berhasil menjuarai F1 GP Brasil.

Sementara itu, Max Verstappen harus puas di posisi kedua, dengan Valtteri Bottas melengkapi trio podium. Rekan setim Verstappen di Red Bull, Sergio Perez, finis di posisi keempat.