MotoGP

Susul Valentino Rossi, Rekan Senegaranya Juga Pensiun dari MotoGP

Senin, 15 November 2021 03:06 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Indomoto
Tak hanya Valentino Rossi, rider Italia lainnya yakni Danilo Petrucci juga mengakhiri kariernya dan pensiun dari MotoGP usai gelaran MotoGP Valencia. Copyright: © Indomoto
Tak hanya Valentino Rossi, rider Italia lainnya yakni Danilo Petrucci juga mengakhiri kariernya dan pensiun dari MotoGP usai gelaran MotoGP Valencia.

INDOSPORT.COM – Tak hanya Valentino Rossi, rider Italia lainnya yakni Danilo Petrucci juga mengakhiri kariernya dan pensiun dari MotoGP usai gelaran MotoGP Valencia.

MotoGP 2021 baru saja menuntaskan seri MotoGP Valencia. Balapan di sirkuit Ricardo Tormo ini tidak hanya menutup musim ini, tapi juga menjadi penutup karier panjang Valentino Rossi.

Rossi pensiun setelah 25 tahun berkarier di Kejuaraan Dunia, yang diawali dengan tampil di kelas 125cc pada 1996. Sepanjang kariernya, ia meraih 9 gelar juara dunia, 7 di antaranya di kelas 500cc/MotoGP.

Di MotoGP Valencia sendiri, Rossi finis di posisi kesepuluh. Hasil itu menempatkannya di peringkat 18 dalam klasemen akhir pembalap MotoGP musim ini.

Meski demikian, Rossi rupanya bukan satu-satunya rider MotoGP yang pensiun. Pasalnya, ada rider lain yang juga memutuskan mengakhiri kariernya di ajang tersebut.

Sosok yang dimaksud adalah sesama rider Italia, Danilo Petrucci. Pembalap KTM itu beberapa hari lalu menyatakan niatnya untuk pensiun seusai balapan di Valencia, setelah gagal mendapatkan tim untuk musim depan.

Besarnya sorotan terhadap Rossi membuat kabar pensiunnya Petrucci sedikit tenggelam. Namun, selepas balapan, justru Rossi-lah yang menghampiri Petrucci dan memberinya pelukan. Petrucci pun tampak tertawa meski matanya berkaca-kaca.

Danilo Petrucci mengawali kariernya di MotoGP bersama tim Ioda pada tahun 2012. Namanya menanjak saat membela Pramac Ducati pada 2015-2018 sebelum kemudian direkrut tim pabrikan Ducati pada 2019.

Sepanjang kariernya, Petrucci meraih 2 kemenangan yang semuanya diraih bersama pabrikan Ducati, dan 10 kali podium. Prestasi terbaiknya adalah berada di posisi 6 klasemen akhir MotoGP pada 2019.

Musim ini, Petrucci yang membalap untuk KTM menutup karier dengan berada di peringkat 21 dengan koleksi 37 poin. Di MotoGP Valencia yang jadi balapan terakhirnya, ia finis di posisi 18 alias paling belakang.