Formula 1

4 Skenario Max Verstappen Kunci Gelar Juara Dunia di F1 GP Arab Saudi Akhir Pekan Ini

Senin, 29 November 2021 14:50 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen berpotensi mengunci gelar juara dunia Formula 1 dari kejaran Lewis Hamilton di F1 GP Arab Saudi akhir pekan ini. Berikut 4 skenarionya. Copyright: © Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen berpotensi mengunci gelar juara dunia Formula 1 dari kejaran Lewis Hamilton di F1 GP Arab Saudi akhir pekan ini. Berikut 4 skenarionya.

INDOSPORT.COM Max Verstappen berpotensi mengunci gelar juara dunia Formula 1 dari kejaran Lewis Hamilton di F1 GP Arab Saudi akhir pekan ini. Berikut 4 skenarionya.

Akhir pekan ini, Formula 1 2021 memasuki seri ke-21 yakni F1 GP Arab Saudi yang akan digelar di Sirkuit Jeddah. Seri ini sekaligus akan menjadi seri debut bagi Arab Saudi.

Jelang balapan akhir pekan ini, sorotan tertuju pada persaingan ketat antara Max Verstappen (Red Bull) yang memburu gelar juara dunia pertamanya, dengan Lewis Hamilton (Mercedes) memburu gelar kedelapan.

Seperti diketahui, Max Verstappen masih memuncaki klasemen pembalap dengan 351,5 poin. Sementara itu, Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan 343,5 poin alias hanya tertinggal 8 poin.

F1 2021 sendiri hanya menyisakan 2 seri lagi yakni F1 GP Arab Saudi akhir pekan ini dan seri penutup yakni F1 GP Abu Dhabi yang akan digelar Minggu (12/12/21).

Lewis Hamilton sang juara bertahan tengah dalam tren bagus. Pembalap asal Inggris ini sukses memenangi 2 seri terakhir F1 GP Qatar dan F1 GP Brasil. Sementara itu, kemenangan terakhir Verstappen terjadi di F1 GP Meksiko.

Namun, meski hanya unggul tipis 8 poin dengan 2 seri tersisa, Max Verstappen sejatinya sudah bisa menyegel gelar juara dunia di Arab Saudi pada akhir pekan ini.

Sebagai informasi, pemenang suatu seri di F1 mendapatkan 25 poin, sedangkan tempat kedua hingga kelima mendapatkan 18, 15, 12, dan 10 poin. Peringkat 6 – 10 mendapatkan poin 8, 6, 4, 2, dan 1. Tambahan 1 poin juga diberikan kepada peraih fastest lap dalam balapan.

Dengan situasi ini, untuk mengunci gelar juara dunia di Arab Saudi, Max Verstappen harus mempelebar jaraknya dengan Lewis Hamilton menjadi minimal 26 poin.

Berikut 4 skenario yang bisa membuat Max Verstappen memastikan gelar juara Formula 1 2021 di gelaran F1 GP Arab Saudi, seperti dilansir situs resmi F1.