MotoGP

Pihak Dorna Ancam Batalkan MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno Buka Suara

Selasa, 18 Januari 2022 17:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© ITDC/MGPA
Sandiaga Uno selaku Menparekraf buka suara usai pihak Dorna Sports ancam bakal batalkan kejuaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Copyright: © ITDC/MGPA
Sandiaga Uno selaku Menparekraf buka suara usai pihak Dorna Sports ancam bakal batalkan kejuaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) buka suara usai pihak Dorna Sports ancam bakal batalkan kejuaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya Carmelo Ezpeleta selaku CEO promotor MotoGP Dorna Sports, berencana membatalkan ajang MotoGP jika tetap memberlakukan aturan wajib karantina bagi peserta dan kru.

Indonesia sendiri memiliki aturan yang cukup ketat, yakni akan mempertimbangkan adanya karantina untuk tamu dari luar negeri termasuk pembalap dan kru tim MotoGP.

Rencana Carmelo Ezpeleta pun langsung mendapatkan tanggapan dari Sandiaga Uno, yang mengatakan pemerintah tak terima diancam pihak tertentu yang siap membatalkan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

“Saya ingin sampaikan di sini secara tegas kita ini negara hukum. Indonesia adalah negara hukum yang sudah menerapkan pengendalian pandemi COVID-19 sesuai dengan kaidah terbaik, dan kita sudah menjadi best practice,” kata Sandiaga Uno, dilansir dari Antara.

Menparekraf menilai bahwa langkah yang dilakukan oleh Indonesia karena sedang fokus dalam menangani pandemi dan kebijakan ekonomi.

Karenanya, Sandiaga Uno menyatakan pemerintah tidak akan menerima ancaman dari pihak yang mengaku siap membatalkan ajang MotoGP karena kebijakan penanganan pandemi pemerintah.

“Kita akan selesaikan kewajiban (penanganan pandemi dan kebangkitan ekonomi) kita,” ujar Sandiaga Uno.