Formula 1

Setelah MotoGP, Indonesia Segera Punya Sirkuit Formula 1 di Riau

Sabtu, 26 Maret 2022 17:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© Formula 1.com
Indonesia akan segera punya sirkuit Formula 1 di Riau di mana pembangunannya dilakukan setelah ajang MotoGP yang sukses dilangsungkan di Mandalika, NTB. Copyright: © Formula 1.com
Indonesia akan segera punya sirkuit Formula 1 di Riau di mana pembangunannya dilakukan setelah ajang MotoGP yang sukses dilangsungkan di Mandalika, NTB.

INDOSPORT.COM - Indonesia akan segera punya sirkuit Formula 1 di Riau. Pembangunannya dilakukan setelah ajang MotoGP sukses dilangsungkan di Mandalika, NTB.

Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan telah secara resmi dimulai dengan adanya peletakan batu pertama dan penandatanganan MoU pada Kamis (17/03/22).

Setelah itu dilanjutkan dengan proses studi kelayakan calon lokasi. Adapun tim konsultasi arsitek berasal dari Inggris, yakni Populous.

Uji kelayakan calon lokasi diprediksi akan berlangsung selama enam bulan. Itu artinya akan rampung sekitar September 2022 mendatang.

Jika lolos uji kelayakan calon lokasi, baru setelah itu proses pembangunan selanjutnya akan dilangsungkan. Rencananya keseluruhan pembangunan Sirkuit Internasional Bintan akan rampung dalam 1,5 hingga 2 tahun mendatang.

Sirkuit tersebut akan berada di Kawasan Wisata Bintan Resort yang dikelola PT Bintan Resort Cakrawala, anak perusahaan Gallant Venture Pte Ltd.

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab menjelaskan, ada tiga lokasi calon Sirkuit Internasional Bintan. Semuanya telah diidentifikasi awal dan bisa dibangun sirkuit.

Lokasi pertama di Lagoi bay di mana lokasi ini telah memiliki infrastruktur cukup lengkap. Bahkan, sudah banyak akomodasi perhotelan berdiri.

Selain itu, pihaknya telah mengalokasikan area 100-130 hektar di Lagoi Bay dan sudah diperkirakan tentang trek yang bisa dibangun. Lokasi kedua berada di Kepri Bay. Di sini terdapat area di atas bukit yang bisa melihat pemandangan pantai.