Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Arab Saudi: Schumacher Crash, Hamilton P16, Perez Pole Position

Minggu, 27 Maret 2022 03:07 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© REUTERS/Hamad I Mohammed
Berikut hasil kualifikasi F1 GP Arab Saudi. Diwarnai crash Mick Schumacher (Haas) di Q2, Sergio Perez raih pole sedangkan Lewis Hamilton tercecer di P16. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed) Copyright: © REUTERS/Hamad I Mohammed
Berikut hasil kualifikasi F1 GP Arab Saudi. Diwarnai crash Mick Schumacher (Haas) di Q2, Sergio Perez raih pole sedangkan Lewis Hamilton tercecer di P16. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi F1 GP Arab Saudi. Diwarnai crash Mick Schumacher (Haas) di Q2, Sergio Perez raih pole sedangkan Lewis Hamilton tercecer di P16.

Formula 1 (F1) 2022 kini memasuki seri kedua yakni F1 GP Arab Saudi. Minggu (27/03/22) pukul 00.00 WIB digelar sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start terdepan saat balapan.

Balapan F1 GP Arab Saudi sendiri sempat terancam batal setelah kota Jeddah yang menjadi tuan rumah dihantam serangan rudal dari pihak Houthi.

Para pembalap sempat menggelar rapat darurat, tapi pada akhirnya para driver tersebut memilih melanjutan balapan setelah adanya jaminan keamanan.

Rangkaian F1 GP Arab Saudi sendiri diawali oleh Free Practice 1. Pada sesi ini, Charles Leclerc (Ferrari) jadi yang tercepat diikuti Max Verstappen dan Valtteri Bottas.

Leclerc yang memenangi seri pertama Formula 1 2022 di Bahrain pekan lalu pun terus mendominasi dengan jadi yang tercepat lagi di FP2 dan FP3.

Sementara itu, sesi kualifikasi dimulai pada Minggu (27/03/22) pukul 00.00 WIB dengan menggelar sesi 1 alias Q1.

Sesi Q1 ini sempat diwarnai red flag setelah Nicholas Latifi (Williams) mengalami kecelakaan dan menabrak papan pembatas di tikungan 13.

Q1 sendiri akhirnya dipuncaki oleh rekan Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz dengan waktu 1:28.855. Max Verstappen (Red Bull) dan Leclerc melengkapi 3 besar.

Kejutan terjadi dengan Lewis Hamilton tersingkir di Q1 dan tak lolos Q2 setelah hanya berada di posisi 16. Bersama Hamilton, turut tersingkir juga Alex Albon, Nico Hulkenberg, Latifi, dan Yuki Tsunoda.