Formula 1

Ini Alasan Mengapa Sebagian Besar Pembalap F1 Tolak Minum Air saat Balapan

Rabu, 27 Juli 2022 14:45 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Pembalapan F1 Max Verstappen (Red Bull Racing) dan  Lewis Hamilton (Mercedes GP). Copyright: © Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Pembalapan F1 Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Lewis Hamilton (Mercedes GP).

INDOSPORT.COM Beberapa pembalap Formula 1 (F1) memilih untuk tidak meminum air selama balapan berlangsung. Apa ya alasannya?

Bukan rahasia lagi bahwa para pembalap F1 sudah cukup keren. Tetapi di Grand Prix Prancis yang panas, terungkap bahwa sebagian besar dari mereka telah membawa level keren itu ke tingkat yang berbeda.

Di F1 GP Prancis, suhu panas bisa mencapai hingga 30 derajat celcius dan suhu di atas trek sendiri bisa mencapai 60 derajat celcius hampir sepanjang akhir pekan.

Total 53 lap di Paul Ricard tidak mungkin menyenangkan bagi para pembalap, terutama karena sebagian besar bahkan tidak minum.

Tapi ini bukan karena perintah atau larangan dari FIA. Rupanya, sebagian besar tim telah memutuskan untuk menghapus sistem air minum pembalap mereka.

Padahal, saat memacu mobil para pembalap bisa kehilangan berat badan hingga tiga kilogram. Jurnalis SkySports F1, Ted Kravitz, mengungkapkan alasan di balik penghapusan sistem ini saat mewawancarai Lewis Hamilton.

Ternyata, sebagian besar pabrik belum melengkapi mobil mereka dengan botol minuman karena masih kelebihan beban.

Sebagai bagian dari peraturan baru, mobil-mobil F1 tahun ini sedikit lebih gemuk dengan berat minimum 798 kilogram. Hitungan ini sudah termasuk mobil, pengemudi, dan ban mobil.