MotoGP

Deretan Pembalap MotoGP Berlabel 'The Next Valentino Rossi', Siapa Paling Sukses?

Jumat, 20 Januari 2023 18:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi asal Italia dari tim Petronas Yamaha SRT. Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi asal Italia dari tim Petronas Yamaha SRT.

INDOSPORT.COM - Valentino Rossi adalah ikon terbesar MotoGP. Sebelum pensiun, ada sejumlah pembalap yang dianggap sebagai 'The Next Valentino Rossi'.

Sejatinya, rekor gelar juara terbanyak dimiliki oleh Giacomo Agostini dengan total 15 gelar, sedangkan Rossi 'hanya' punya sembilan gelar.

Meski begitu, Rossi tetaplah disebut sebagai pembalap motor terbaik sepanjang masa dengan raihan 235 podium dan 115 kemenangan.

Memasuki usia senjanya, banyak orang yang mempertanyakan, siapakah yang sanggup menjadi penerus Rossi, mulai dari prestasinya di lintasan maupun kepribadiannya di luar lintasan.

Sejauh ini, ada lima pembalap yang dinilai cocok untuk menyandang titel 'The Next Valentino Rossi', khususnya dari segi di dalam lintasan.

Berikut ulasan lima pembalap MotoGP yang dijuluki titel tersebut.

Marc Marquez

Jika dilihat dari track recordnya, Marc Marquez adalah pembalap yang paling mendekati dengan Rossi. Dulu, dia sampai dianggap sebagai suksesor VR46.

Bagaimana tidak, pembalap berbakat asal Spanyol ini hanya terpaut satu gelar juara dunia lagi untuk menyamai rekor Rossi. 

Bahkan sejauh ini, Marquez sudah mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP, satu gelar Moto2, dan satu gelar di kelas 125cc.

Akan tetapi, titel 'The Next Valentino Rossi' seakan hilang saat keduanya berselisih pada 2015. Dari situ, fansnya mulai terbelah antara kubu Marquez atau kubu Rossi.

Belum lagi, gaya balapan Marquez dinilai terlalu agresif dan sering menyenggol pembalap lain hingga terjatuh. Inilah yang membuatnya semakin dibenci.

Meski begitu, hanya pembalap 29 tahun berjuluk The Baby Alien inilah yang mampu mendekati rekor-rekor Rossi.