MotoGP

5 Pembalap MotoGP yang Pernah Juara dengan 2 Motor Berbeda Sepanjang Sejarah

Minggu, 29 Januari 2023 21:02 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© crash
Momen perpisahan Valentino Rossi dengan MotoGP dan timnya di Valencia setelah mengumumkan pensiun. Copyright: © crash
Momen perpisahan Valentino Rossi dengan MotoGP dan timnya di Valencia setelah mengumumkan pensiun.

INDOSPORT.COM - MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia, dengan para pembalap top sudah mengukir berbagai rekor sepanjang sejarah. 

Turnamen balap motor Grand Prix ini melakukan debutnya pada 1949 silam. Yang berarti pada 2023, ajang Grand Prix ini bakal memainkan musim ke-74 mereka. 

Yang membuat unik dari 73 musim yang sudah berlangsung sejak 1949, di level kelas tertinggi yakni GP500, baru ada 29 pembalap yang pernah menjuarai turnamen. 

Sementara itu, dari total pembalap yang pernah juara dunia itu, 16 di antaranya pernah menjuarai MotoGP dua kali atau lebih. 

Sementara 13 sisanya, masing-masing hanya pernah meraih satu gelar, yang terbaru adalah Francesco Bagnaia yang juara MotoGP 2022 bersama Ducati. 

Tentu saja pemain yang akrab disapa ‘Pecco’ Bagnaia ini masih punya peluang menambah koleksi gelarnya, mengingat dia baru berusia 26 tahun. 

Bagnaia diperkirakan menjadi salah satu pembalap top MotoGP di masa mendatang. Apalagi jika mengetahui dia merupakan murid atau anak didik dari Valentino Rossi. 

Valentino Rossi tidak perlu diperdebatkan lagi statusnya sebagai legenda MotoGP dengan torehan tujuh kali juara dunia. 

Kembali lagi ke 16 pembalap yang berhasil juara dua kali atau lebih, ternyata hanya ada 5 pembalap yang pernah juara dunia dengan dua motor berbeda. 

Tentu saja ini prestasi yang sangat langka, karena pembalap-pembalap ini mampu menunjukkan keperkasaannya saat menaklukkan kuda yang ditungggangi. Siapa saja mereka?