MotoGP

5 Pembalap Honda dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP, Rossi Kalah dari Marquez

Jumat, 3 Februari 2023 00:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Valentibo Rossi dan Marc Marquez

INDOSPORT.COM - Honda sudah sangat identik dengan MotoGP. Menarik untuk mengulik siapa saja pembalap dengan motor Honda yang memenangkan kejuaraan sepanjang sejarah.

MotoGP atau lebih tepatnya Kejuaraan Dunia Balap Motor level tertinggi yang sudah digelar sejak 1949 memang didominasi oleh pabrikan motor asal Jepang itu. 

Sudah turun mengaspal lebih dari lima dekade di level tertinggi, Honda sekarang menjadi pabrikan motor dengan jumlah kemenangan terbanyak dibanding pabrikan lainnya. 

Sejak pertama kali memenangkan GP Jerman Barat tahun 1966, hingga GP Emilia Romagna di 2021, Honda total mengantongi 312 kemenangan di level tertinggi. 

Ducati yang merengkuh triple crown yakni juara driver, tim dan pabrikan di MotoGP 2022 kemarin, juga tercatat baru meraih 70 kemenangan di level ini. 

Mungkin yang paling dekat dengan Honda adalah sesama pabrikan Jepang, yakni Yamaha (245 kemenangan) dan MV Agusta (139 kemenangan). 

Untuk gelar juara dunia, menunggangi kuda dengan merk kepak sayap ini juga masih yang terbanyak, yakni sebanyak 21 driver. 

Untuk kategori ini, mereka hanya unggul tiga angka dari MV Agusta dan Yamaha yang sama-sama menyumbang 18 driver untuk juara dunia. 

Sungguh kental sekali dominasi Honda di MotoGP sepanjang sejarah, dibanding pabrikan-pabrikan motor lainnya. 

Maka itu, menarik untuk tahu 5 pembalap Honda yang paling banyak memenangkan GP sepanjang sejarah. Siapa saja?

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di