MotoGP

Asia Tenggara Menyumbang Satu, Ini 4 Sirkuit yang Paling Susah untuk Pengereman di MotoGP 2023

Rabu, 8 Februari 2023 18:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Motorsport
Tampilan chicane baru Sirkuit Catalunya. Copyright: © Motorsport
Tampilan chicane baru Sirkuit Catalunya.

INDOSPORT.COM - MotoGP selalu menyimpan serba-serbi yang unik, salah satunya adalah sirkuit. Kali ini, kita akan membahas sirkuit-sirkuit yang paling susah untuk pengereman.

Sirkuit-sirkuit yang susah untuk pengereman tentu akan menyulitkan para pembalap, apalagi jika mereka akhirnya harus tersalip dengan lawan-lawan di belakangnya. 

Kelas premier balap motor paling bergengsi di dunia akan segera memulai musim baru pada akhir Maret 2023 mendatang. 

Musim 2023, MotoGP akan menggelar sebanyak 21 seri, yang artinya akan terdapat 42 kali balapan. Race pertama akan dimulai di Sirkuit Algarve, Portimao Portugal. 

Setiap gelaran MotoGP 2023, setiap sirkuit akan menyelenggarakan dua kali balapan, dengan sprint race pada hari Sabtu dan main race pada hari Minggu. 

MotoGP musim 2023 sendiri, akan menyajikan dua sirkuit baru yakni Sirkuit Sokol di Kazakhstan dan Buddh International Circuit di India. 

Kedua trek tersebut memang baru akan dicoba di musim 2023, namun hampir semua lintasan balap di MotoGP punya keunikan masing-masing. 

Keunikan yang akan dibahas adalah sirkuit yang membuat rider kesulitan setiap ngegas di sana, termasuk salah satunya sistem pengereman. 

Dari 19 sirkuit tidak termasuk dua sirkuit terbaru, para rider di MotoGP 2023 akan kembali mengaspal di sirkuit yang menyiksa pengereman motor-motor mereka. 

Berikut 4 sirkuit yang akan menyiksa motor para rider MotoGP 2023 dari sisi pengereman.