Formula 1

7 Pembalap yang Sukses di Lintasan Basah Formula 1, Ada yang Meninggal Kecelakaan

Kamis, 16 Februari 2023 21:10 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© @Formula1
Lewis Hamilton di Sesi Kualifikasi GP Italia Copyright: © @Formula1
Lewis Hamilton di Sesi Kualifikasi GP Italia

INDOSPORT.COM - Kejuaraan Dunia Formula 1 selalu menghadirkan pembalap-pembalap berkualitas. Khususnya yang ahli menaklukkan lintasan basah di setiap Grand Prix F1. 

Turnamen Formula 1 merupakan kelas tertinggi untuk balapan mesin jet yang digelar sepanjang tahun tidak peduli musim panas atau musim hujan. 

Yang membuat para pembalap dan tim pabrikan untuk bisa selalu menghadapi beragam situasi lintasan balap, khususnya yang sulit kala sedang hujan. 

Ketika sedang atau baru saja hujan, para pembalap harus menghadapi lintasan balap yang basah dan licin. Situasi seperti itu membuat ban dan mobil menjadi sulit dikendalikan.

Dalam sejarah Formula 1, hanya beberapa pembalap yang mampu menang di lintasan balap basah. INDOSPORT sudah merangkum sebanyak 7 pembalap yang kerap sukses menaklukkan lintasan basah sepanjang sejarah, lengkap dengan rasio kemenangannya. 

7. Sebastian Vettel

Sebastian Vettel merupakan pembalap F1 asal Jerman yang terbilang bernama besar. Namun di daftar ini, dirinya ada di urutan ketujuh. 

Mengantongi empat gelar juara dunia F1 beruntun dari 2011-2013, Vettel ternyata hanya tiga kali menang dari 35 lintasan balap basah. 

Kemenangan pertamanya di lintasan balap basah terjadi pada GP Italia di Sirkuit Monza pada 2008. Dengan hanya tiga kali menang, dia hanya punya rasio sebesar 8,57%.

6. Damon Hill

Juara dunia F1 tahun 1996 silam yakni Damon Hill punya catatan kemenangan di lintasan balap yang basah lebih banyak dari Vettel. 

Yakni sebanyak empat kemenangan (rasio 21,05%) berhasil dikantongi, namun hebatnya dia mencatat statistik ini dengan jumlah 19 race, hampir setengah dari total balapan basah Vettel.