In-depth

5 Rekor Unik tapi Miris Sepanjang Sejarah F1, Pasti Tak Ada yang Mau Punya

Kamis, 27 April 2023 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Peter J Fox/Getty Images
Sepanjang sejarahnya, Formula 1 (F1) punya sederet rekor menarik. Foto: Peter J Fox/Getty Images. Copyright: © Peter J Fox/Getty Images
Sepanjang sejarahnya, Formula 1 (F1) punya sederet rekor menarik. Foto: Peter J Fox/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Layaknya sepak bola, bulutangkis, basket, dan olahraga-olahraga lainnya, Formula 1 (F1) juga punya sejarah panjang dan sederet rekor menarik.

Selama ini publik mungkin sudah mengenal para legenda hebat F1 seperti Michael Schumacher, lalu Ayrton Senna, dan masih banyak lagi.

Begitu pula rekor-rekor hebat yang pernah ditorehkan para rider macam Lewis Hamilton maupun Max Verstappen, misalnya.

Namun bagaimana dengan rekor-rekor unik nan menarik namun di sisi lain juga menyedihkan? Tentu saja ada.

Hanya saja, nampaknya tidak akan pernah ada pebalap yang ingin namanya ada di daftar tersebut. Meski miris, berikut beberapa yang telah dirangkum INDOSPORT.

Sir Stirling Moss

Berdasarkan catatan Planet F1, Stirling Moss memegang rekor peraih gelar runner-up terbanyak yang tidak pernah sekali pun memenangkan kejuaraan dunia.

Ia pernah memenangkan 16 dari 66 balapan, mengantongi sejumlah poin, dan setidaknya meraih satu kemenangan pada periode 1955 sampai dengan 1961.

Nah, empat musim pertamanya dari periode tersebut, Stirling Moss finis sebagai runner-up ketika podium juara diraih Juan Manuel Fangio (3 kali) dan Mike Hawthorn (1 kali).

Setelahnya, pencapaian Stirling Moss terus-terusan berada di bawah peringkat kedua sampai akhir kariernya tiba.

Stirling Moss mengalami kecelakaan di Goodwood pada 1962. Ia meninggal dunia di kediamannya di London pada 2020 di usia 90 tahun karena sakit berkepanjangan.