Formula 1

Update Hasil dan Klasemen F1: Verstappen Masih Meraja, Duo Mercedes Mulai Panas

Senin, 5 Juni 2023 06:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Marco Bello
Berikut ini adalah ulasan dan update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2023 pasca balapan GP Spanyol pada Minggu (04/06/23) malam WIB. (Foto: REUTERS/Marco Bello) Copyright: © REUTERS/Marco Bello
Berikut ini adalah ulasan dan update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2023 pasca balapan GP Spanyol pada Minggu (04/06/23) malam WIB. (Foto: REUTERS/Marco Bello)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah ulasan dan update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2023 pasca balapan GP Spanyol pada Minggu (04/06/23) malam WIB.

Max Verstappen masih menjaga konsistensinya dengan memenangkan seri kelimanya musim ini dari enam race yang sudah digelar musim ini namun dominasi timnya, Red Bull, sepertinya mulai mendapatkan ancaman.

Duo pembalap Mercedes yakni Lewis Hamilton dan George Russell berhasil mengamankan peringkat kedua serta ketiga di GP Spanyol sekaligus memberikan hasil podium ganda pertama untuk tim mereka di 2023.

Sergio Perez yang biasanya finis di belakang Verstappen kali ini harus puas dengan menempati posisi keempat saja.

Sejak awal balapan, Max Verstappen yang menempati grid terdepan sirkuit Barcelona-Catalunya langsung tak terbendung. Carlos Sainz yang memulai race tepat di belakangnya langsung diasapi.

Lewis Hamilton tidak kalah impresif. Meski start dari posisi kelima namun sang juara dunia tujuh kali sudah bisa memanjat dua strip lebih tinggi saat balapan baru memasuki lap delapan.

Padahal ia sempat mengalami benturan dengan Lando Norris di putaran pembuka. Justru sang wakil McLaren yang harus masuk pit karena kecelakaan tersebut dan mengganti part rusak mobilnya.

Memasuki lap 15, Hamilton pun mulai menusuk ke peringkat kedua usai Sainz memutuskan untuk masuk pit. Satu putaran kemudian giliran Russell yang menyundul dan berada di posisi ketiga.

Sempat terjadi perubahan posisi pembalap ketika banyak yang memutuskan untuk melakukan pergantian ban juga pengisian bahan bakar namun big three yang dibangun Verstappen, Hamilton, dan Russell kembali memimpun sejak lap 34.

Verstappen kian tidak terbendung di sisa gelaran F1 GP Spanyol 2023 usai sempat mengungguli Hamilton 16 detik jauhnya dan mengunci podium pertama dengan lap tercepar 1 menit 16,330 detik.