Dibahas di DPR, Sirkuit Mandalika Mau Coret WSBK karena Bikin Rugi

Kamis, 15 Juni 2023 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© wsbk.com
Dibahas di rapat DPR Komisi VI, Sirkuit Mandalika bakal coret ajang balap motor World Superbike (WSBK) karena tidak memberi keuntungan. Copyright: © wsbk.com
Dibahas di rapat DPR Komisi VI, Sirkuit Mandalika bakal coret ajang balap motor World Superbike (WSBK) karena tidak memberi keuntungan.

INDOSPORT.COM - Dibahas di rapat DPR Komisi VI, Sirkuit Mandalika bakal coret ajang balap motor World Superbike (WSBK) karena tidak memberi keuntungan.

Sebagaimana diketahui, ada dua ajang besar yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yakni perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Ajang balap motor WSBK sudah dua kali dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kini pihak pengelola pun sudah selesai melalukan evaluasi.

Ternyata, event berskala internasional itu justru membuat pihak pengelola Sirkuit Mandalika, yakni Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengalami kerugian.

Maka dari itu, Holding BUMN Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia, InJourney, mulai berencana untuk menghapus ajang WSBK dari kalender balap di Sirkuit Mandalika.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menyampaikan keluhannya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan DPR pada Rabu (14/06/23) kemarin, live di YouTube Komisi VI.

"Kerugian terbesar itu dari WSBK bukan dari MotoGP, MotoGP dia bisa melakukan biaya operasionalnya tertutup. Tapi yang WSBK ini dia menunjukkan kerugian," kata Dony Oskaria.

Dony juga blak-blakan menyebut bahwa ajang WSBK tidak terlalu menarik, sehingga sulit bagi mereka untuk mendapat sponsor dan menutup kerugian anggaran mereka.

Tak cuma WSBK, penyelenggaraan MotoGP sejatinya juga membuat MGPA merugi, tapi MotoGP dianggap lebih menarik sehingga masih ada beberapa sponsor yang datang.

Sejauh ini, ajang MotoGP Sirkuit Mandalika masih dijadwalkan di seri balap ke-16, dan akan berlangsung pada 15 Oktober 2023.