x

'Dirayu' Red Bull, Marc Marquez Ingin Jadi Pembalap F1?

Selasa, 22 Mei 2018 13:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Marc Marquez.

Juara MotoGP 2017, Marc Marquez akan mendapat pengalaman pertama kali untuk menjajal kendaraan balap dari kompetisi Formula 1 (F1).

Baca Juga

Menurut laporan Motorsport, Pembalap juara dunia enam kali itu akan ambil bagian dalam sebuah tes tertutup yang diselenggarakan oleh salah satu tim unggulan F1 yaitu Red Bull Racing.

Tes tertutup itu dijadwalkan akan digelar di Austia bulan depan, tepatnya pada tanggal 5 hingga 6 Juni 2018.

Marquez baru saja menjuarai MotoGP Prancis 2018 dengan keunggulan 36 poin dari pembalap lainnya. apakah pengalamannya dengan mencicipi F1 menjadi isyarat bahwa ia akan beralih ke dunia balap mobil?


1. Bersama 2 Rekan Lainnya

Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Selain Marquez, Red Bull juga akan mengundang pembalap MotoGP lainnya, yakni rekan setim Marquez di Repsol Honda, Dani Pedrosa. Selain itu, juara dunia sembilan kali Motorcross, Antonio Cairoli juga akan ambil bagian dalam tes tersebut.

Marquez, Pedrosa dan Cairoli dijadwalkan akan menuju ke markas F1 Red Bull di Milton Keynes dalam beberapa hari mendatang untuk pengukuran kursi kemudi dan menghabiskan waktu di simulator tim.


2. Belum Dipastikan Jenis Mobil

Marc Marquez saat berada di lintasan balap.

Hingga artikel ini diturunkan, masih belum dipastikan jenis mobil apa yang akan digunakan oleh ketiga pembalap ini dalam sesi tes. Kabarnya, mobil yang akan digunakan akan bertenaga V8, yang dibuat pada tahun 2013 atau sebelumnya.

Bulan Desember lalu, Marquez dan Pedrosa pernah mengendarai mobil Formula 3 Jepang bersama Honda dalam acara Honda Thanks Day di Motegi.


3. Acara Serupa oleh Tim Monster

Valentino Rossi saat menjajal mobil Formula 1 (F1)

Dua tahun lalu, niat Red Bull ini juga pernah dilakukan oleh rival dagang minuman berenergi Monster. Mereka mengatur sesi tes untuk Jorge Lorenzo yang menjajal Mercedes W05. Mobil itu pernah mengantarkan Lewis Hamilton meraih gelar juara kedua di tahun 2014.

Valentino Rossi juga tidak asing dengan mobil F1 yang dilakoninya bersama tim Ferrari. Sejak menjajal mobil balap Ferrari itu, ia sempat mempertimbangkan untuk alih jalur pada tahun 2006 namun akhirnya memutuskan setia pada MotoGP.

Marc MarquezRed Bull F1MotoGPFormula 1

Berita Terkini