x

Tips Mudik Lewat Jalur Tanjakan ala Pereli Rifat Sungkar

Kamis, 14 Juni 2018 13:23 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pereli nasional, Rifat Sungkar, memberikan tips bagi para pemudik di jalur menanjak.

Pereli nasional, Rifat Sungkar memberikan tips terkait penggunaan mobil dengan jenis low cost green car (LCGC). Bagi Rifat, untuk pemudik pengguna tipe mobil ini harus paham akan keamanan saat menggunakannya di jalur mudik yang banyak tanjakan.

Pasar mobil LCGC memang banyak diminati belakangan ini. Mobil dengan kapasitas mesin kecil ini akan banyak digunakan saat mudik.

Baca Juga

1. Pahami Tenaga Mobil

Ilustrasi mudik Lebaran.

Untuk itu, Rifat Sungkar selaku pereli memberikan tips agar tetap aman menggunakan mobil tipe ini saat mudik. Baginya pengguna mobil ini harus paham mengenai titik tenaga mobil bertipe ini.

“Untuk mobil LCGC yang memiliki cc cenderung kecil, problemnya ada di tenaga yang tergolong cukup minim. Apalagi Anda membawa barang bawaan yang cukup banyak atau bahkan melebihi kapasitas kendaraan,” ungkap Rifat.


2. Teknik di Tanjakan

Rifat Sungkart membagikan tips berkendara untuk mudik Lebaran.

“Cara mengeceknya cukup mudah. Saat kendaraan Anda dalam keadaan diam, injak pedal gas secara perlahan. Semakin lama, RPM akan semakin naik. Ada satu titik di mana suara mesin mobil akan berubah menjadi lebih berat."

"Perhatikan titik RPM Anda pada saat suara mesinnya berubah. Di titik itulah, mobil Anda mengeluarkan torsi paling tinggi. Torsi paling tinggi adalah RPM terbaik untuk memulai kerja berat mobil, dalam hal ini yang sedang kita bicarakan adalah saat akan melaju di tanjakan yang cukup curam,” beber Rifat.


3. Tips untuk Tanjakan Ekstrem

Ilustrasi jalur mudik 2018.

Memang beberapa jalur mudik di Indonesia khusus di jalur selatan, Nagreg, Garut, Jawa Barat memiliki tanjakan yang ekstrem. Bahkan tak jarang tanjakan ini menjadi lokasi kecelakaan lantaran ketidakmampuan pengemudi maupun kondisi mobil yang tidak prima.

Terkait hal ini, Rifat pun menegaskan untuk tetap berfikir positif bagi pengguna mobil LCGC. 

“Terakhir, cobalah Anda tanamkan pikiran untuk tidak panik saat melewati tanjakan. Yakinlah bahwa Anda bisa melaluinya. Di samping itu, Anda harus tetap meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana teknik-teknik mengemudi yang penting bagi Anda,” pungkas Rifat.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2018:

Ikuti terus berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Rifat SungkarLebaranOtomania

Berita Terkini