x

Bukan Cuma Teknologi 'Pawang Hujan', Ambulans Udara Juga Dikerahkan di MotoGP Mandalika

Jumat, 18 Maret 2022 13:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Fasilitas selama balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pekan ini semakin lengkap. Selain teknologi yang memodifikasi cuaca, ambulans helikopter juga dikerahkan guna antisipasi kecelakaan dan evakuasi medis melalui udara.

Dua unit helikopter ambulans milik Basarnas kota Mataram, Lombok, HR-3606 dan HR-3604, dipastikan tiba di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika pada Kamis (17/03/22) siang.

Baca Juga

Melansir dari akun resmi Humas Basarnas Mataram di Instagram pada hari Jumat pagi waktu setempat, didatangkannya sarana SAR udara ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan event MotoGP Indonesia 2022.

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH mengungkapkan hal tersebut saat memantau langsung kedatangan helikopter Basarnas di Sirkuit Internasional Mandalika.

“Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara,” ungkap Nanang.

Baca Juga

Dengan adanya fasilitas ini, nantinya pembalap yang mengalami kecelakaan tersebut akan dievakuasi dari sirkuit menggunakan ambulan udara.

Selanjunya, jika kondisinya kritis atau membutuhkan penanganan khusus akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter Basarnas menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB. Diluar itu, akan ditangani di Medical Center Sirkuit Mandalika.

Antisipasii ini sendiri tidak hanya berfokus pada para pembalap saja. Pengamanan juga dilakukan di luar tier 1 (area sirkuit).

Baca Juga

Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa penonton maupun warga.

Sehingga ratusan personil Basarnas disiagakan selama MotoGP berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022.

“Kru helikopter ada 11 orang dan 133 personil yang ada di luar tier 1,” pungkas Nanang.


1. MotoGP Mandalika Juga Pakai Teknologi Penangkal Hujan

Sandiaga Uno mengatakan bahwa MotoGP Mandalika mengandalkan teknologi penangkal hujan

Sebelumnya, pihak penyelenggara MotoGP di Mandalika juga telah mengerahkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan melibatkan kerja sama BRIN, BMKG, dan TNI Angkatan Udara.

Hal ini dinyatakan langsung oleh Sandiaga Uno melalui cuitan di Twitter pada hari Kamis (17/03/22) menjelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkut Internasional Mandalika pekan ini.

Baca Juga

Sandiaga Uno tentunya berharap agar gelaran MotoGP 2022 Mandalika yang akan berlangsung beberapa hari ke depan dapat berjalan lancar dan terbebas dari kendala cuaca.

Teknologi TMC ini sengaja diterapkan pemerintah Indonesia untuk MotoGP Mandalika setelah sempat dibuat kecewa dengan gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga

Sekedar mengingatkan, WSBK 2021 yang digelar pada November 2021 lalu sempat ditunda akibat hujan deras disertai badai yang menyebabkan jarak pandang pebalap nol.

Padahal pemerintah Indonesia melalui pihak penyelenggara WSBK sudah mendatangkan pawang hujan yang diyakini bisa menjaga cuaca di arena balapan tetap cerah.


2. Jadwal MotoGP Indonesia di Mandalika

Beberapa pebalap MotoGP seperti Marc Marquez, Joan Mir melakukan parade motor dari Istana Merdeka menuju Bunderan HI pada Rabu (16/03/22). Acara ini digelar untuk menyambut pagelaran MotoGP Mandalika 2022.

MotoGP Indonesia akan dilaksanakan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP dipastikan siap tampil. Terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik seperti Juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team.

Agenda yang padat sudah menanti pra pembalap setibanya di Mandalika. Mereka akan menjalani sesi latihan bebas pada Jumat (18/03/22) dan kualifikasi pada Sabtu (19/03/22).

Puncaknya, mereka  akan menggeber motor tim masing-masing dalam balapan utama MotoGP Mandalika 2022 selama 27 lap pada Minggu (20/03/22).

Baca Selengkapnya: Kapok Pakai Pawang Hujan, Sandiaga Uno Andalkan Teknologi Ini di MotoGP Mandalika

MotoGPMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini