x

Kapok Pakai Pawang Hujan, Sandiaga Uno Andalkan Teknologi Ini di MotoGP Mandalika

Kamis, 17 Maret 2022 17:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memperkenalkan teknologi yang bisa mengontrol hujan yang diterapkan di ajang MotoGP Mandalika 2022.

INDOSPORT.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memperkenalkan teknologi yang bisa mengontrol hujan yang diterapkan di ajang MotoGP Mandalika 2022.

Teknologi yang dimaksud Sandiaga Uno tersebut bernama Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan melibatkan kerja sama BRIN, BMKG, dan TNI Angkatan Udara.

Baca Juga

Hal ini dinyatakan langsung oleh Sandiaga Uno melalui cuitan di Twitter pada hari Kamis (17/03/22) menjelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkut Internasional Mandalika pekan ini.

Sandiaga Uno tentunya berharap agar gelaran MotoGP 2022 Mandalika yang akan berlangsung beberapa hari ke depan dapat berjalan lancar dan terbebas dari kendala cuaca.

Baca Juga

“Berkaca kepada event WSBK tahun lalu, untuk mengantisipasi agar cuaca bisa kondusif kami telah menyiapkan beberapa alternatif termasuk Teknologi Modifikasi Cuaca dengan melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU agar ajang balap internasional @MotoGP di Mandalika ini bisa berjalan dengan lancar,” tulis Sandiaga Uno.

Teknologi TMC ini sengaja diterapkan pemerintah Indonesia untuk MotoGP Mandalika setelah sempat dibuat kecewa dengan gelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika.

Sekedar mengingatkan, WSBK 2021 yang digelar pada November 2021 lalu sempat ditunda akibat hujan deras disertai badai yang menyebabkan jarak pandang pembalap nol.

Baca Juga

Padahal pemerintah Indonesia melalui pihak penyelenggara WSBK sudah mendatangkan pawing hujan yang diyakini bisa menjaga cuaca di arena balapan tetap cerah.

Teknologi TMC ini sejatinya sudah diungkapkan Sandiago Uno dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu, 16 Maret. Ia berharap cuaca cerah saat perhelatan akbar MotoGP 2022 berlangsung.


1. Persiapan MotoGP Mandalika Sudah 100 Persen

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

"Waktu World SuperBike itu ada pawang (hujan). Tapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia, Pak. Karena pawangnya (batal), iya tetap hujan," seloroh Sandiaga seperti dilansir dari VOI.

"Jadi memang ini yang terus kita upayakan dengan TMC, Pak. Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU. Kita harapkan bisa membantu memitigasi situasi," sambungnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Sandiaga Uno lewat cuitan lainnya juga menyatakan bahwa persiapan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika sudah rampung 100 persen. Artinya, balapan tinggal ready to go.

"Kami tegaskan bahwa persiapan penyelenggaraan MotoGP 2022 sudah rampung 100 persen. Segala usaha telah kita maksimalkan, dan selebihnya kita serahkan kepada Allah SWT,” tulis Sandiaga Uno.

Baca Juga

Tentunya gelaran MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika ini bisa membangu membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Barat.

“Saya semakin optimis event yang dinantikan masyarakat indonesia dan dunia ini mampu membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja, membuka sebanyak-banyaknya peluang usaha baru bagi masyarakat,” tulis Sandiaga Uni di cuitan lainnya.

Baca Juga

Sekedar informasi, Teknologi Modifikasi Cuaca merupakan salah satu bentuk upaya manusia untuk mengatur cuaca di suatu tempat seperti yang diinginkan.

Teknologi ini menggunakan sentuhan apikasi dalam prosesnya, yang umumnya dipakai untuk meningkatkan intensitas hujan. Namun teknologi ini juga bisa dipakai untuk tujuan sebaliknya.


2. Agenda MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

MotoGP Indonesia akan dilaksanakan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP dipastikan siap tampil. Terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik seperti Juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team.

Agenda yang padat sudah menanti para pembalap setibanya di Mandalika. Mereka akan menjalani sesi latihan bebas pada Jumat (18/03/22) dan kualifikasi pada Sabtu (19/03/22).

Puncaknya, mereka  akan menggeber motor tim masing-masing dalam balapan utama MotoGP Mandalika 2022 selama 27 lap pada Minggu (20/03/22).

Baca Selengkapnya: Jadwal Lengkap MotoGP Indonesia Akhir Pekan Ini

MotoGPSandiaga UnoMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini