x

Tembus Podium, Reykat Yusuf Fadillah Kibarkan Merah Putih di IATC Mandalika

Sabtu, 19 Maret 2022 23:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Pembalap muda Indonesia, Reykat Yusuf Fadillah, sukses naik podium dan kibarkan Merah Putih di race 1 Idemitsu Asia Talent Cup 2022 di Mandalika. (Foto: Asia Talent Cup)

INDOSPORT.COM – Pembalap muda Indonesia, Reykat Yusuf Fadillah, sukses naik podium dan kibarkan Merah Putih di race 1 Idemitsu Asia Talent Cup 2022 di Mandalika.

Di tengah gelaran MotoGP, Sirkuit Mandalika di waktu yang sama juga menggelar seri kedua Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022.

Baca Juga

 Empat pebalap yang didukung Astra Honda Motor mewakili Indonesia pada seri 2 di Mandalika yakni Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanti, Muhamd Zachry Akbar, dan Muhammad Diandra Trihardika.

Beraksi di hadapan pendukung balapan Tanah Air, Reykat Yusuf Fadillah mempersembahkan podium setelah finis di posisi ketiga.

Reykat melakukan start dengan baik dari posisi keempat dan bertahan di rombongan depan. Sepanjang balapan dia bersaing memperebutkan posisi kedua sebelum akhirnya harus puas finis di posisi ketiga dan berhak naik podium.

Baca Juga

Sementara Aan Riswanto sempat mengalami kesulitan dan terlempar hingga keluar 10 besar. Pada lap terakhir, dia mampu memperbaiki posisi dan akhirnya finis ke-8.

Muhamad Zachry Akbar meraih poin pada balapan perdananya di IATC berkat finis di posisi ke-12.

Sementara itu, nasib apes dialami Muhammad Diandra Trihardika yang gagal finis karena terjatuh pada lap terakhir.

Baca Juga

"Alhamdullillah, saya akhirnya bisa meraih podium di persaingan yang ketat ini. Bekal hasil kualifikasi yang cukup bagus yaitu berada di grid keempat tidak saya sia-siakan. Saya langsung menusuk agar bisa berada di grup depan,” kata Reykat dalam rilis Astra Honda Racing Team.

“Setelah itu saya mencoba menjaga irama dan emosi agar tidak melakukan kesalahan. Tekanan yang kuat dari tiga pebalap yang berebut posisi ke-2 dan ke-3 membuat saya harus konsentrasi. Semoga besok pada balapan kedua, saya bisa kembali meraih hasil lebih baik untuk Indonesia.”


1. Veda Ega Absen Karena Cedera

Veda Ega Pratama, Pembalap Honda di IATC 2022 (Foto: Astra Honda Racing Team)

Aan Riswanto yang finis kedelapan pun bertekad meraih hasil yang lebih baik pada balapan kedua, Minggu (20/03/22).

"Sebenarnya saya meraih hasil yang bagus saat kualifikasi, yaitu posisi start kelima. Tetapi, saya tidak bisa melakukan start dengan sempurna dan justru kehilangan beberapa posisi setelah tikungan pertama. Balapan bertambah sulit karena persaingan yang ketat di grup kedua.

Baca Juga

“Beberapa kali saya kehilangan irama dan gagal mempertahankan posisi. Semoga pada balapan kedua besok saya bisa tampil lebih bagus."

Di sisi lain, pebalap andalan Indonesia lainnya yaitu Veda Ega Pratama yang meraih podium pada putaran pertama di Qatar tidak bisa turun pada balapan IATC di Mandalika kali ini.

Ia dinyatakan mengalami retak pergelangan tangan kiri usai terjatuh saat menjalani babak kualifikasi.

Baca Juga

"Mohon maaf saya tidak bisa melanjutkan usaha meraih prestasi terbaik di Mandalika. Saya mengalami retak di pergelangan tangan kiri sehingga tidak diizinkan mengikuti balapan di Mandalika,” katanya dalam rilis resmi Astra Honda Racing Team.

“Semoga saya bisa segera pulih dan kembali ke lintasan balap untuk kembali mengharumkan nama Indonesia”

Hasil balapan pertama di Mandalika mengubah posisi pebalap di klasemen. Reykat naik ke posisi ke-6 dengan 26 poin.

Baca Juga

Veda menyusul sebagai pembalap Indonesia terbaik kedua dengan berada di posisi ke-10 dengan 16 poin, lalu Aan ke-12 (11 poin), Diandra ke-14 (11 poin), dan Zachry ke-20 (4 poin).

Para pebalap yang didukung Astra Honda Motor ini akan kembali berjuang untuk Indonesia pada balapan kedua di Mandalika, Minggu (20/3/2022) pukul 08:00 WIB.


2. Jadwal IATC

Reykat Yusuf Fadillah (15) saat membalap di race 1 IATC Mandalika (Foto: Asia Talent Cup)

Jadwal IATC Mandalika

Minggu (20/03/22)

08.00 WIB – Race 2 IATC

MotoGPAsia Talent Cup (ATC)Astra Honda Racing TeamOtomotifSirkuit MandalikaBerita OtomotifMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini